Mukjizat Nabi Ishaq, Cikal Bakal Bani Israil

Mukjizat Nabi Ishaq, Cikal Bakal Bani Israil

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Juni 2022 - 20:29
share

JAKARTA, iNews.id - Mukjizat Nabi Ishaq berikut merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang patut kita yakini. Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang tidak bisa dijangkau dengan akal manusia.

Setiap nabi dan rasul akan mendapatkan mukjizat dari Allah SWT dengan tujuan untuk menguatkan dakwah atau seruan terhadap umat manusia yang menentangnya. Begitu pula yang terjadi pada Nabi Ishaq AS.

Adapun mukjizat yang dimiliki Nabi Ishaq adalah sebagai berikut.

Mukjizat Nabi Ishaq

1. Lahir saat ibunya berusia 90 tahun

Nabi Ishaq merupakan anak dari Nabi Ibrahim AS dengan sang istri, Sarah. Kelahiran Nabi Ishaq ini merupakan mukjizat dari Allah SWT karena ibunya sudah berusia 90 tahun saat dirinya lahir.

Tak hanya itu, Sarah juga disebut-sebut mandul sehingga memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk dapat melahirkan seorang anak.
Namun kuasa Allah SWT berkehendak lain, Nabi Ishaq pun terlahir sebagai jawaban atas permintaan Nabi Ibrahim di usianya dan sang istri yang tak lagi muda.

Kelahiran Nabi Ishaq ini bahkan tercatat dalam kitab suci Al-Quran yang berbunyi, dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan:Selamat. Ibrahim menjawab:Selamatlah, maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang. (QS. Hud: 69).

2. Memiliki anak di usia 100 tahun

Kejadian serupa yang dialami Nabi Ibrahim dan Sarah juga menimpa Nabi Ishaq dan sang istri, Rafqah. Bertahun-tahun menikah, keduanya tak kunjung dikaruniai seorang anak.

Rafqah disebut-sebut tak bisa memiliki keturunan karena beliau mengalami kemandulan.Namun dengan mukjizat Allah SWT, Nabi Ishaq dan sang istri akhirnya dikaruniai anak kembar, Yaqub dan Ishuu di usianya yang menginjak 100 tahun.

Beberapa riwayat mengatakan saat itu Nabi Ishaq sudah berusia 120 tahun.

Artinya: Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya\'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh. (Q.S Al-Anbiya: 72).

3. Keturunannya merupakan cikal bakal Bani Israil dan Bangsa Romawi

Anak Nabi Ishaq, Ishu merupakan nenek moyang dari bangsa Romawi.
Sedangkan saudara kembarnya, Yaqub merupakan nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menuntun Bani Israil kepada jalan yang benar.

Sebanyak 12 keturunan Nabi Yaqub bahkan diutus oleh Allah SWT untuk menjadi nabi bagi Bani Israil. Nabi Yusuf AS dan Nabi Isa AS adalah beberapa utusan Allah SWT bagi Bani Israil yang merupakan keturunan Nabi Yaqub.

Demikian mukjizat Nabi Ishaq yang patut kita imani bersama.

Topik Menarik