BMKG Kertajati: Awal Kemarau, Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Landa Ciayumajakuning

BMKG Kertajati: Awal Kemarau, Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Landa Ciayumajakuning

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 09:56
share


MAJALENGKA, iNews.id - Saat ini, wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning) telah memasuki musik kemarau. Namun pada awal musim kemarau ini, hujan deras disertai angin kencang dan petir masih berpotensi melanda Ciayumajakuning.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Majalengka Ahmad Faa Iziyn mengatakan, memasuki musim kemarau, hujan masih masih berpotensi turun di sejumlah daerah. Beberapa daerah di wilayah Ciayumajakuning pada pertengahan Mei ini sudah masuk musim kemarau.

Biasanya saat awal musim kemarau masih sering turun hujan. Diprakirakan dalam seminggu ke depan masih berpotensi hujan, kata Ahmad Faa Iziyn, Senin (16/5/2022).

Terkait cuaca, Faiz, sapaan akrab Ahmad Faa Iziyn, menyatakan, saat masuk musim kemarau, bukan berarti tidak akan turun hujan sama sekali. Namun, hujan pada musim kemarau itu, relatif lebih rendah.

Definisi musim kemarau itu bukan berarti tidak ada hujan sama sekali dalam sebulan. Masih ada hujan dengan total curah hujan di bawah 150 milimeter per bulan. Adapun saat musim hujan, total curah hujan di atas 150 milimeter per bulan, ujar Faiz.

Sementara, sejumlah daerah di Majalengka kembali diguyur hujan pada, disertai angin dan petir, pada Senin (16/5/2022). Durasi hujan sendiri berlangsung relatif singkat.

Topik Menarik