Cara Masak Pare agar Tidak Pahit, Enak Dibuat Siomay dan Tumisan

Cara Masak Pare agar Tidak Pahit, Enak Dibuat Siomay dan Tumisan

Gaya Hidup | inewsid | Rabu, 13 April 2022 - 15:36
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara masak pare agar tidak pahit. Sudah menjadi hal umum jika pare dapat diolah menjadi masakan enak dan lezat.

Salah satu masakan paling populer dari pare adalah diolah dengan cara ditumis beserta bumbu pilihan. Anda bisa membuat tumis pare dengan campuran daging, atau dipadukan dengan telur, udang, atau bahan utama lainnya.

Namun, sebelum memasak pare agar tidak pahit, Anda perlu mengetahui beberapa khasiat pare untuk kesehatan tubuh. Meski memiliki rasa yang pahit, pare menyimpan banyak nutrisi, seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium hingga vitamin.

Adapun manfaat pare untuk tubuh salah satunya adalah dapat mengendalikan gula darah. Pare memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memaksimalkan kerja hormon insulin. Berdasarkan World Journal of Diabetes, pare dapat mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

Lantas, bagaimana cara masak pare agar tidak pahit? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram@jilbabanak.rafandha, dirangkum pada Rabu (13/4/2022).

Cara masak pare agar tidak pahit

1. Rendam dengan air garam.

Cara menghilangkan rasa pahit dari pare bisa dengan merendam pare dengan garam. Sebelum direndam, pastikan pare sudah dipotong-potong tipis terlebih dahulu. Kemudian, masukkan 1-2 sendok garam pada air rendaman pare. Diamkan kira-kira 10-15 menit agar garam meresap ke pare. Kemudian remas-remas sampai pare mulai layu

2. Selanjutnya, remas-remas pare hingga layu pada rendaman garam tadi. Bersihkan pada air mengalir dan tiriskan.

3. Selanjutnya bisa ditumis atau masak sesuai selera. Selamat mencoba.

Bahan resep tumis pare udang

1 pare size sedang (potong-potong, remas-remas dengan garam, cuci bersih, tiriskan)
Udang kupas

Bumbu halus:

6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 cabai merah keriting
2 cabai rawit
1 tomat size besar
1 sachet terasi
Secukupnya garam, gula pasir & kaldu jamur
Sedikit air putih

Cara Memasak:

Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian beri sedikit air, masukkan pare, bumbui gula pasir garam & kaldu jamur, jika pare sudah 1/2 matang, masukkan udang, masak hingga matang & air menyusut, koreksi rasa, angkat & sajikan.

Bahan resep pare siomay

1-2 Buah Pare

Bahan isi:

150 gr tenggiri, cincang kasar
1/2 batang wortel, parut keju
5 sdm tapioka
1 sdm terigu
3 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun pre, iris halus
1 butir telur
Garam
Gula
Merica bubuk
Kaldu jamur

Cara membuat:

Campur semua bahan isi, aduk rata. Potong Pare, buang isinya. Masukkan 1 sdm adonan. Lakukan sampai adonan habis. Kukus sampai adonan matang. Sajikan.

Topik Menarik