Loading...
Loading…
5 Resep Pepes Ikan Menggugah Selera, Ini Bahan Dasar dan Cara Membuatnya

5 Resep Pepes Ikan Menggugah Selera, Ini Bahan Dasar dan Cara Membuatnya

Gaya Hidup | inewsid | Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:30

JAKARTA, iNews.id - Resep pepes ikan merupakan salah satu hidangan yang terkenal di Jawa Barat. Biasanya hidangan ini disajikan bersama lalapan, sambal, tempe, tahu, dan lainnya. Untuk rasa dijamin menggugah selera.

Pepes ikan juga sangat mudah untuk dimasak kapan saja. Anda bisa memasak pepes dengan berbagai pilihan ikan sesuai selera.

Perlu diketahui, pepes ikan adalah masakan yang terbuat dari bahan utama ikan yang diolah dengan cara dipepes dan dibungkus daun pisang. Cara membuat pepes ikan sangat mudah, Anda hanya membutuhkan bahan-bahan dan rempah pilihan yang telah dihaluskan.

Bumbu rempah-rempah untuk resep pepes ikan, di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, tomat, kunir, dan daun kemangi. Jangan lewatkan garam, penyedap, dan gula jawa secukupnya untuk menambah kelezatannya.

Setelah bumbu pepes disiapkan, kemudian bahan-bahan tersebut dibalur bersama ikan yang sudah dibersihkan, lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan dua tusuk lidi di setiap ujungnya. Bungkusan ini kemudian dikukus terlebih dahulu sebelum dibakar atau dipepes sampai mengering.

Penasaran ingin membuat pepes ikan yang enak berlimpah rempah? Berikut resep pepes ikan yang mudah dibuat di rumah, seperti dirangkum pada Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga :
Nikmatnya Pepes Teri Daun Singkong, Perpaduan Gurih Asin yang Bikin Nagih

1. Resep pepes ikan pindang

Bahan:

Ikan pindang 4 ekor ukuran sedang Daun kemangi Daun pisang Bawang merah Bawang putih Cabai Kemiri Tomat Kunir Secukupnya garam Secukupnya penyedap Secukupnya gula Jawa

Cara membuat:

1. Pertama, bersihkan ikan dari kotoran dan duri-durinya. 2. Lalu haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, kunir, dan tomat. Setelah itu, tambahkan garam, penyedap, dan gula Jawa. 3. Setelah semua bumbu halus dan rasanya sudah pas, siapkan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbu. 4. Letakkan ikan secukupnya pada daun psang dan lumuri dengan bumbu. 5. Kemudian, bungkus dan kencangkan bagian ujung dengan tusuk gigi. Lalu kukus selama kurang lebih 30-40 menit. 6. Terakhir, panggang di atas teflon sampai daun sedikit gosong. Angkat lalu sajikan.

2. Resep pepes ikan patin

Bahan:

1 kg ikan patin 1/2 kg tempoyak duren 2 ons cabai rawit 8 siung bawang merah 8 siung bawang putih 1 ruas besar Jahe 1 ruas besar kunyit 4 lembar daun kunyit 4 batang serai 1 ons cabai domba 1 ons cabai merah Secukupnya garam Secukupnya kaldu Jamur Secukupnya daun pisang Tusuk sate

Baca Juga :
Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil, Catat Resep Pepes Tahu yang Kaya Akan Prona

Cara membuat:

1. Pertama cuci dan potong-potong ikan. 2. Lalu haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, dan cabai merah. 3. Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya, aduk rata. Tambah daun kunyit, beri garam, kaldu jamur sesuai selera. 4. Siapkan daun pisang, letakkan ikan patin, beri daun kunyit, cabai rawit. 5. Bungkus dengan rapi lalu sematkan. Kukus, lalu panggang hingga masak. Angkat lalu sajikan.

3. Resep pepes ikan nila

Bahan:

4 ekor ikan nila ukuran sedang

Bumbu tambahan:

4 lembar daun salam 8 lembar daun jeruk 1 jeruk nipis Secukupnya daun pisang Secukupnya biting/tusuk gigi

Bumbu halus:

1 cabai merah 12 siung bawang merah 5 siung bawang putih 1 butir kemiri 2 ruas kunyit 2 ruas jahe 1 ruas lengkuas 1 batang serai 1,5 sdt garam 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat:

1. Pertama, siapkan panci kukusan, beri air sampai batas saringan. Tutup panci dan rebus air sampai mendidih 2. Lalu, bersihkan ikan nila dari insang, sisik, dan isi perutnya. Cuci bersih dengan air mengalir, lalu beri air perasan jeruk nipis secara merata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci kembali hingga bersih, sisihkan. 3. Haluskan semua bahan bumbu halus kemudian balurkan secara merata pada ikan. 4. Bungkus dengan daun pisang dengan 1 lbr daun salam dan 2 lembar daun jeruk pada setiap ikan. 5. Kukus dan bakar pepes ikan hingga matang. Lalu angkat dan sajikan.

4. Resep pepes ikan bandeng

Bahan:

1 kg ikan bandeng segar Jeruk nipis Daun pisang Tusuk gigi 4 ikat kecil daun kemangi

Bumbu halus:

9 bawang merah 4 siung bawang putih 11-13 cabai keriting 3 kemiri 1 tomat segar 1 ruas laos 2 ruas jahe 2 ruas kunyit 1 serai (gunakan bagian putih) Garam Kaldu bubuk Gula pasir

Bahan lain:

6 lembar daun salam 6-12 cabai rawit 1 tomat segar, iris 3 lembar daun jeruk

Cara membuat:

1. Pertama, bersihkan ikan bandeng, kemudian potong-potong bagian badan. 2. Haluskan bumbu dan masukkan daun kemangi, koreksi rasa. Setelah pas, lumuri ikan bandeng dengan bumbu halus. 3. Bungkus dan susun ikan ke dalam daun pisang. Rekatkan dengan tusuk gigi atau lidi. 4. Kukus kurang lebih 45 - 60 menit. Sajikan selagi hangat.

Baca Juga :
5 Resep Sahur dan Buka Puasa Menu Jengkol, Lezat dan Dapat Cegah Penyakit Maag

5. Resep pepes ikan mas

Bahan:

1 kg ikan mas 1 jeruk nipis Sejumput garam

Bumbu Halus: 10 bawang merah 5 bawang putih 5 kemiri sangrai 5 cabai keriting 3 cm kunyit 3 cm jahe 3 cm lengkuas 2 sdt garam 1 sdt gula pasir 1 sdt kaldu jamur

Bahan Irisan :

4 batang sereh, potong tipis menyerong 2 tomat 2 buah daun bawang 1 bungkus kemangi 8 cabai rawit setan 8 lembar daun salam Secukupnya daun pisang

Cara membuat:

1. Pertama, cuci ikan mas hingga bersih. Lalu baluri dengan perasan jeruk nipis dan taburi dengan sedikit garam, diamkan beberapa saat. 2. Setelah itu, cuci bersih semua bahan bumbu halus. Haluskan semuanya dan tumis. 3. Cuci bersih semua bahan bumbu iris. Iris bahan-bahannya. 4. Letakkan ikan di atas daun pisang. Bungkus lalu rekatkan dengan tusukan lidi. 5. Setelah itu, rebus pepes ikan kurang lebih 2 jam sampai tulangnya melunak. 6. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Original Source

Topik Menarik