Oalah, Ternyata Ini Penyebab Gigitan Nyamuk Terasa Gatal di Kulit! Jarang yang Tahu Nih

Oalah, Ternyata Ini Penyebab Gigitan Nyamuk Terasa Gatal di Kulit! Jarang yang Tahu Nih

Gaya Hidup | herstory | Senin, 17 Januari 2022 - 21:50
share

Gigitan nyamuk memang menjadi sesuatu yang menyebalkan, apalagi saat musim hujan tiba seperti saat ini, Moms. Pasalnya, gigitan nyamuk bisa menyebabkan gatal di kulit sehingga membuat seseorang merasa tak nyaman.

Pernah gak Beauty berpikir mengapa seseorang yang digigit nyamuk bisa merasa gatal?

Melansir dari Medical News Today , Senin (17/1/2022), saat gigitan nyamuk menusuk kulit, tubuh seseorang mengenali air liur nyamuk sebagai zat asing. Hal ini menyebabkan respons sistem kekebalan tubuh untuk mengusir penyusup.

Sedangkan untuk pembengkakan di sekitar gigitan disebabkan oleh histamin yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh. Histamin meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area gigitan yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan.

Alih-alih menghilangkan rasa gatal, menggarusk area yang sudah meradang malah meningkatkan peradangan. Hal inilah yang mebuat area tersebut semakin gatal.

Menggaruk juga bisa meningkatakan risiko infeksi kulit. Pasalnya, kalau area tersebut terinfeksi, akan terasa lebih gatal dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Topik Menarik