Stasiun Tanah Abang Bakal Punya 6 Jalur di Akhir 2024, Waktu Tunggu jadi Cuma 3 Menit

Stasiun Tanah Abang Bakal Punya 6 Jalur di Akhir 2024, Waktu Tunggu jadi Cuma 3 Menit

Ekonomi | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 17:58
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan tengah memperluas Stasiun Tanah Abang. Proyek ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024 dan akan memiliki enam jalur.

Menurut Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, pelaksanaan fisik konstruksi pengembangan Stasiun Tanah Abang telah berjalan dan ditargetkan selesai akhir tahun ini. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan.

"Kami bersama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI berupaya untuk menaikkan tingkat pelayanan kepada penumpang di Stasiun Tanah Abang, baik dari sisi kemudahan, kenyamanan maupun aksesibilitas," ujar Dirjen Risal dalam keterangan resminya, Minggu (5/5/2024).

Proyek peningkatan dan pengembangan yang dilakukan antara lain pembangunan stasiun baru, penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam jalur, penambahan peron dari dua menjadi empat, dan penataan fasilitas integrasi antarmoda.

Dengan penambahan dua jalur baru, pergerakan pada waktu headway khususnya pada lintas Serpong dapat mencapai 3 menit dari sebelumnya 7 menit. Di samping itu, pengembangan Stasiun Tanah Abang ini bisa meningkatkan kapasitas 3 kali lipat, dari 100.000 menjadi 300.000 penumpang per hari.

Adapun ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak, yaitu Kemenhub membangun gedung stasiun baru dan jalan kereta api, fasilitas operasi KA (rel, persinyalan), serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA. 

Kemudian, Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda. Sedangkan PT KAI membangun area parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi.  

Stasiun akan dibangun dengan luas bangunan utama 12.000 meter persegi, dan dengan bangunan 2 lantai, yang dilengkapi dengan bangunan komersil dan fasilitas pendukung serta fasilitas disabilitas.

Topik Menarik