Gaya Sri Mulyani dan Menkeu Belanda Pimpin Rapat Koalisi Menteri Keuangan Sedunia

Gaya Sri Mulyani dan Menkeu Belanda Pimpin Rapat Koalisi Menteri Keuangan Sedunia

Ekonomi | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani berduet dengan Menteri Keuangan Belanda, Steven van Weyenberg. Kali ini, mereka bekerja sama memimpin rapat Pertemuan ke-11 Koalisi Menteri Keuangan untuk Aksi Iklim (CFMCA) pada Rabu (17/4/2024).

Momen itu dibagikan dalam Instagram resmi Sri Mulyani. Terlihat, ia menggunakan baju tenun bernuansa ungu kebiru-biruan dengan corak merah muda dan kuning.

Menurut Sri Mulyani, dalam rapat ini ada tiga topik yang dibahas, yakni mendorong fungsi Kementerian Keuangan dalam mendukung implementasi Nationally Determined Contribution (NDC), penghapusan subsidi yang merugikan (lingkungan) secara bertahap, dan mobilisasi pasar global untuk membiayai transisi.

"Peranan menteri Keuangan sangat penting dalam memenuhi target NDC setiap negara. Bukan hanya kontribusi keuangan, tapi juga partisipasi nyata dalam proses persiapan, revisi dan implementasi NDC, serta dalam mengembangkan kebijakan makroekonomi dan fiskal yang sehat," tulisnya dikutip iNews.id, Jumat (19/4/2024).

Tak cuma itu, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan bahwa pertemuan ini menjadi momen penting untuk berbagi pengalaman para Menkeu di negara masing-masing.

"Pertemuan ini menjadi wadah yang penting bagi para Menteri Keuangan untuk dapat berbagi pengalaman dan best practices, termasuk dengan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai National Focal Point untuk UNFCCC, di negara masing-masing," tutur dia.

Topik Menarik