Apple Bakal Investasi di RI? Ini Tanggapan Bahlil

Apple Bakal Investasi di RI? Ini Tanggapan Bahlil

Ekonomi | inews | Senin, 29 April 2024 - 21:25
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut rencana investasi Apple ke Indonesia sampai saat ini masih belum mencapai pada tahap izin usaha ke Kementerian Investasi/BKPM. Dia menilai, saat ini Apple mungkin saja hanya sekadar menyampaikan minat untuk berinvestasi ke Tanah Air.

Dengan begitu, belum dapat dipastikan seperti apa bentuk investasi Apple yang disebut-sebut tembus sekitar Rp1,6 triliun ke Indonesia.

"Jujur sampai sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami, mungkin komitmen sudah disampaikan ke Presiden, tapi tindak lanjutnya belum, biasanya ini Menkominfo," ujar Bahlil dalam konferensi pers di Kementerian Investasi, Jakarta, Senin (29/4/2024).

Bahlil mengaku hingga saat ini pihaknya belum pernah menerima pengajuan atau permohonan dari Apple untuk melaksanakan kegiatan usaha di Indonesia. Misalnya, untuk sekadar penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai dokumen penting yang harus dikantongi oleh para pelaku usaha di tanah air.

"Tapi sampai sekarang belum ada permohonan kepada Kementerian Investasi untuk meminta izin atau badan usaha yang mengajukan NIB untuk investasi ini (Apple) masuk," katanya.

Meski demikian, Bahlil berpendapat investasi yang dilakukan Apple masih ditangani oleh kementerian teknis lain untuk proses awal sebelum sampai di Kementerian Investasi/BKPM.

"Tapi feeling saya karena ini di handle oleh kementerian teknis," ucapnya.

Topik Menarik