Dipuji Jokowi, Nasabah Mekaar Sri Agustin Bagikan Tips Jalani Usaha Sambal

Dipuji Jokowi, Nasabah Mekaar Sri Agustin Bagikan Tips Jalani Usaha Sambal

Ekonomi | inews | Rabu, 24 April 2024 - 21:16
share

JAKARTA, iNews.id – Masih ingat Sri Agustin? Dia adalah pemilik merek sambal Wanstin yang dipuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyapa 3.000 nasabah PNM Mekaar di Tangerang Selatan, Senin (19/2/2024) lalu.

Merek Wanstin dipuji Jokowi karena kreativitasnya menggabungkan nama Wawan, suaminya dan nama dirinya menjadi merek sambal yang mudah diingat dengan kemasan yang bagus.

Sri Agustin merupakan salah satu sosok nasabah PNM Mekaar yang cukup kreatif dan inovatif. Dirinya pun membeberkan rahasia mengembangkan usaha sambal yang dia kelola sejak 2014. 
 
Mengelola usaha sambal memang membutuhkan kreativitas dan inovasi, karena berhubungan dengan produk pangan yang harga dasarnya rentan berubah seiring permintaan konsumen dan tergantung musim. Saat musim panen cabai tiba, harga pokok bisa lebih murah, tetapi saat puasa dan jelang Lebaran harga pun turut melambung tinggi.

Sri Agustin sangat paham siklus bisnis sambal dan menyadari bahwa setiap bisnis memiliki siklusnya sendiri. Momentum bisnisnya terjadi pada 2019 saat dirinya hampir berhenti dari bisnis sambal karena kehabisan modal.

Saat itulah, dirinya menjadi nasabah Mekaar dan menemukan momentum usahanya tumbuh. Sri membagikan tips bagaimana dia mengembangkan usaha sambelnya. Pertama, mencintai usaha yang dikelola.

“Dengan mencintai usaha yang kita kelola maka kita akan semakin tahu kelemahan dan kelebihan usaha kita. Kita akan tahu ritme usaha kita," ujarnya.

Kedua, mengenenal konsumen lebih dekat. Dengan cara ini Sri bisa mengkomunikasikan produk lebih dekat kepada pembelinya. Termasuk jika harga bahan baku berubah, dia akan sangat gesit untuk memberitahukan perubahan harga jual produk sambal pada konsumen.

Ketiga, dia menegaskan bahwa dalam pengelolaan keuangan penting untuk memisahkan uang untuk usaha dengan uang untuk kebutuhan keluarga.

Untuk nasabah Mekaar, Sri memberikan tips untuk selalu datang setiap pekan pada acara kumpulan. Dengan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) akan tumbuh ide-ide baru untuk menyempurnakan produk dan memperluas pasar.

“Eksisnya bisnis kita sangat didukung oleh komunitas yang kita bentuk. Ibu-ibu yang tergabung di kelompok Mekaar ternyata dapat meningkatkan penjualan sambel saya. Mereka membeli sambel saya dan malah banyak juga yang bantu jualan sambel jadi reseller. Mereka jadi tambah pendapatannya," ucapnya.

Sri menyatakan, banyak manfaat ketika bergabung menjadi nasabah Mekaar. Dia pun mendapatkan pembinaan dalam pengembangan produk dan pasar disamping mendapatkan modal kerja.

“Saya akui, setelah menjadi nasabah Mekaar usaha saya semakin berkembang," ucapnya.

Topik Menarik