Sri Mulyani Optimistis Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 Persen di Kuartal I 2024

Sri Mulyani Optimistis Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 Persen di Kuartal I 2024

Ekonomi | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 12:04
share

JAKARTA, iNews.id - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) optimistis pertumbuhan ekonomi nasional tetap akan tumbuh kuat di tengah ketidakpastian global. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi mampu mencapai di atas 5 persen pada kuartal I 2024. 

Hal ini diungkapkan Sri Mulyani dalam paparan hasil rapat kuartalan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), secara virtual, Jumat (3/5/2024). Adapun, KSSK terdiri dari Menteri Keuangan, BI, OJK, dan LPS.

"Pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2024 diperkirakan akan tetap berada di atas 5 persen dan dibandingkan kuartal IV 2023," ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers KSSK.

Sri Mulyani yang juga menjabat Ketua KSSK menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan didorong dengan permintaan dalam negeri yang menguat, baik dari sisi konsumsi pemerintah maupun konsumsi rumah tangga.

Dari sisi konsumsi pemerintah, pemerintah telah melakukan sejumlah belanja yang bersifat front loading atau dikeluarkan terlebih dahulu. Seperti, pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) ASN yang diberikan 100 persen.

“Ini memberikan dukungan pada belanja pemerintah yang memperkuat belanja masyarakat atau daya beli masyarakat,” katanya.
 
Sri Mulyani menuturkan, pertumbuhan global sendiri diperkirakan akan stagnan di angka 3,2 persen. Hal ini berdasarkan World Economic Outlook yang diterbitkan oleh Lembaga Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) pada April 2024. 

“Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan relatif stagnan dengan berbagai risiko dan tantangan yang berkembang,” ucapnya. 

Topik Menarik