KAI Commuter Wilayah 2 Bandung Angkut 1,17 Juta Penumpang Selama Lebaran 2024, Naik 7 Persen

KAI Commuter Wilayah 2 Bandung Angkut 1,17 Juta Penumpang Selama Lebaran 2024, Naik 7 Persen

Ekonomi | bandungraya.inews.id | Rabu, 24 April 2024 - 17:40
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - KAI Commuter Wilayah 2 Bandung tercatat melayani 1.170.325 orang pada masa angkutan Lebaran 2024. 

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan masa angkutan lebaran 2024 naik 7 jika dibanding dengan total volume masa angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 1.092.489 orang. 

Sementara itu, selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter Wilayah 2 Bandung juga mencatatkan rata-rata ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan seluruh perjalanan Commuter Line di Wilayah 2 bandung. 

“Rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line sebesar 98 dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 97,” kata Anne Purba.

Menurutnya, Masa angkutan Lebaran 2024  KAI Commuter tetapkan selama 22 hari sejak H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) dan telah berakhir.

 

“Tercatat volume tertinggi atau puncak arus mudik masyarakat dengan menggunakan Commuter Line di wilayah 2 Bandung terjadi pada tanggal 13 April dengan total volume pengguna sebanyak 75.070 orang,” ucapnya, Rabu (24/4/2024).

Anne mengatakan KAI Commuter terus meningkatkan layanan perjalanan Commuter Line untuk mobilisasi antar kota selama masa angkutan Lebaran. 

Masyarakat juga, lanjutnya dapat leluasa menggunakan Commuter Line, selain harga terjangkau, jarak tempuh yang terprediksi, di samping juga dapat mengurangi kemacetan di jalan.

Dia menambahkan, Keberadaan transportasi publik khususnya kereta api Commuter Line di wilayah-wilayah lain pada masa angkutan Lebaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempermudah mobilisasi. 

“Terbukti tren volume pengguna Commuter Line pada masa Lebaran ini mengalami kenaikan jika dibanding volume massa Lebaran tahun sebelumnya,” tambahnya.

 

Stasiun Bandung tercatat sebagai stasiun tujuan dan stasiun keberangkatan Commuter Line dengan volume terbanyak selama masa angkutan Lebaran tersebut yaitu masing-masing sebanyak 182.902 orang dan 166.001 orang. Sementara itu di Stasiun Cicalengka tercatat sebanyak 122.293 pengguna yang naik dan sebanyak 130.918 pengguna yang turun di stasiun tersebut.

Sedangkan Stasiun Cikarang sebagai stasiun integrasi antara pengguna Commuter Line Walahar atau Jatiluhur tujuan Stasiun Purwakarta atau Stasiun Cikampek dengan Commuter Line Jabodetabek, selama periode masa angkutan Lebaran mencatat volume penumpang yang naik di stasiun tersebut 114.183 orang, dan yang turun untuk melanjutkan menggunakan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 119.088 orang.

Selama masa angkutan Lebaran KAI Commuter Wilayah 2 Bandung juga melakukan peningkatan fasilitas dan kenyamanan di musala Stasiun Bandung dan Kiaracondong, serta menambahkan layanan petugas kesehatan di Stasiun Cicalengka. Selain itu, KAI Commuter juga menambah dua petugas Passanger Service di Stasiun Cimekar dan tujuh petugas Annoucer di Stasiun Padalarang, Rancaekek, dan Kiaracondong.

Untuk menjamin keamanan pengguna selama masa Angkutan Lebaran ini KAI Commuter Wilayah 2 Bandung menugaskan sebanyak 220 petugas pengamanan stasiun dan 64 petugas pengawalan kereta. Fasilitas-fasilitas layanan lain di stasiun juga mewarnai Idul Fitri tahun ini diantaranya tematik Idul Fitri 1445 H di enam stasiun, antaralain Cikampek, Purwakarta, Padalarang, Cimahi, Bandung, dan Kiaracondong. 

KAI Commuter menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna Commuter Line dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak seperti Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, Komunitas Pecinta kereta serta semua pihak yang membantu mensukseskan Angkutan Lebaran 2024 ini terlaksana dengan baik. (*)

Topik Menarik