Pabrik Sepatu Bata Berhenti Beroperasi, Ini Alasannya

Pabrik Sepatu Bata Berhenti Beroperasi, Ini Alasannya

Ekonomi | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:49
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial Instagram yang menampilkan tayangan pabrik PT Sepatu Bata Tbk yang berlokasi di Purwakarta berhenti beroperasi. Dalam postingan di akun @jabodetabek24info, terekam ratusan pekerja pabrik berbondong-bondong meninggalkan tempat mereka mencari nafkah.

Para pekerja tampak berjalan ke arah luar pabrik sambil masih mengenakan seragam Bata. Sang perekam video tampak beberapa kali mengucap kalimat perpisahan.

"Selamat tinggal Bata. Selamat tinggal Bata," bunyi perekam video tersebut.

Manajemen Sepatu Bata menyebut bahwa penutupan pabrik dilakukan pada tanggal 30 April 2024. Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Corporate Secretary Sepatu Bata, Hatta Tutuko menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat, namun bisnis tetap tidak bisa pulih.

"Perseroan sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta, karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun dan kapasitas produksi pabrik jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia," ucap Hatta.

"Dengan adanya keputusan ini, maka Perseroan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta," tuturnya.

Untuk diketahui, Sepatu Bata memang telah menderita kerugian sebesar Rp80,65 miliar hingga kuartal III 2023. Angka ini mengalami kenaikan dibanding periode yang sama tahun 2022 dengan rugi Rp20,43 miliar.

Penjualan bersih Perseroan juga tercatat turun 0,42 persen menjadi Rp488,47 miliar, dari Rp490,57 miliar periode sama tahun 2022.

Topik Menarik