Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Wafat di Usia 96 Tahun

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Wafat di Usia 96 Tahun

Ekonomi | inews | Rabu, 24 April 2024 - 07:23
share

JAKARTA, iNews.id - Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo meninggal dunia pada hari ini, Rabu (24/4/2024) pada usia 96 tahun. Kabar ini disampaikan oleh eks Duta Besar Selandia Baru Tantowi Yahya di laman Instagramnya.

"Telah berpulang ke pangkuanNYA, Ibu DR.H.BRA. Mooryati Soedibyo pada hari Rabu, 24 April, jam 01.00 WIB dini hari," tulis dia.

Tantowi mengenang sosok Mooryati sebagai pengusaha perempuan yang visioner, politisi, sekaligus tokoh jamu tradisional. Jamu ramuannya yang berasal dari resep Kerajaan Surakarta telah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan masyarakat dan juga telah mengharumkan nama Indonesia di luar negeri.

Profil Mooryati Soedibyo

Mooryati lahir pada 5 Januari 1928 di Surakarta, Jawa Tengah. Keluarganya merupakan keturunan keraton karena
Ayahnya adalah KRMTA Poornomo Hadiningrat dan ibunya GRA Kussalbiyah.

Sejak lahir, dia tinggal di dalam keraton Surakarta yang kental dengan tradisinya. Sebagai keturunan Paku Buwono X, ia mendapat banyak pelajaran mengenai tata krama, seni, sastra Jawa hingga jamu-jamuan.

Tak heran, sejak remaja ia telah pandai meracik jamu dengan resep keraton yang berasal dari bahan alami. Ia juga pelajaran mengenai tumbuh-tumbuhan berkhasiat dan diajarkan meramu jamu hingga kosmetik dari bahan alami.

Setelah menikah, Mooryati Soedibyo memulai aktif berbisnis membuat jamu, serta kosmetik di garasi rumahnya dengan modal Rp25.000 dan ditawarkan dari rumah ke rumah. Pada tahuj 1975 ia pun resmi mendirikan brand kosmetik dan jamunya bernama Mustika Ratu.

Usaha tersebut mulai berkembang hingga produknya tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Bahkan, di tahun 1995 Mustika Ratu memutuskan melantai di bursa dengan kode emiten MRAT.

Selamat jalan Mooryati Soedibyo..

Topik Menarik