Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi, Bahas Investasi dan Bangun Pabrik Apple di RI

Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi, Bahas Investasi dan Bangun Pabrik Apple di RI

Ekonomi | inews | Rabu, 17 April 2024 - 10:42
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut bahwa pemerintah akan membahas mengenai investasi dengan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook. Adapun, Cook dan rombongan saat ini tengah melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Budi menambahkan, selain Tim Cook, pemerintah juga akan menggelar pertemuan dengan CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Nvidia Jen-Hsun atau Jensen Huang.

"Abis Apple akhir bulan Satya Nadella, Microsoft. Kita usahain Jensen Huang Nvidia juga ikut ke sini. Semua big player IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa pihaknya mendorong mendorong kepada Tim Cook agar Apple dapat membangun pabrik pembuatan handphone , komputer genggam dan tablet (HKT) Apple di Indonesia.

"Itu juga yang ingin kami dorong bahwa sebetulnya komponen-komponen hp itu sudah siap ada di Indonesia, baterainya kabelnya dan lain-lain. Itu kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujar Agus.

Diberitakan sebelumnya, CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada pagi hari ini untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pantauan iNews.id , Tim Cook tiba sekitar pukul 08.55 WIB.

Tim Cook mengenakan setelan jas berwarna biru. Cook tiba bersama dengan beberapa orang lainnya dengan menaiki tiga mobil.

Saat turun dari mobilnya, Tim Cook menyapa para pewarta yang sedari pagi telah menunggunya. Dirinya juga menyapa para pewarta dengan mengacungkan dua jari.

"Good morning," kata Tim Cook.

Topik Menarik