Ekonomi China Tumbuh 5,3 Persen di Kuartal I 2024

Ekonomi China Tumbuh 5,3 Persen di Kuartal I 2024

Ekonomi | inews | Rabu, 17 April 2024 - 08:11
share

BEIJING, iNews.id - Perekonomian China tumbuh lebih kuat dari perkiraan di tengah krisis sektor properti yang semakin parah. Menurut data Biro Statistik Nasional (NBS), produk domestik bruto (PDB) meningkat sebesar 5,3 persen dalam tiga bulan pertama 2024, dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengutip BBC , angka ini melampaui ekspektasi bahwa negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini akan mengalami pertumbuhan yang lambat menjadi 4,6 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Bulan lalu, Beijing menetapkan target pertumbuhan tahunan yang ambisius sekitar 5 persen. Data dari NBS juga menunjukkan pertumbuhan penjualan ritel pada kuartal pertama, yang merupakan ukuran utama kepercayaan konsumen China, turun menjadi 3,1 persen.

Anda tidak bisa menghasilkan pertumbuhan selamanya, jadi kita benar-benar perlu melihat rumah tangga ikut berpartisipasi jika China ingin mencapai target pertumbuhan sekitar 5 persen, ujar Harry Murphy Cruise dari Moody's Analytics.

Pada periode yang sama, investasi properti turun 9,5 persen, menyoroti tantangan yang dihadapi oleh perusahaan real estat China. Angka tersebut muncul ketika China terus berjuang mengatasi krisis pasar properti yang sedang berlangsung.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), sektor properti menyumbang sekitar 20 persen perekonomian. Data terbaru juga menunjukkan harga rumah baru turun pada laju tercepat selama lebih dari delapan tahun pada bulan Maret.

Krisis industri real estat menjadi sorotan pada Januari ketika raksasa properti Evergrande diperintahkan untuk melikuidasi oleh pengadilan di Hong Kong. Pengembang saingannya, Country Garden dan Shimao, juga terkena dampak dari petisi penutupan di kota tersebut.

Pekan lalu, lembaga pemeringkat kredit Fitch memangkas prospek China, dengan alasan meningkatnya risiko terhadap keuangan negara tersebut karena menghadapi tantangan ekonomi.

Pada pertemuan tahunan para pemimpin China di bulan Maret, para pejabat mengatakan perekonomian tumbuh sebesar 5,2 persen pada 2023.

Selama beberapa dekade, perekonomian China tumbuh dengan kecepatan luar biasa, dengan angka resmi yang menunjukkan pertumbuhan PDB negara tersebut rata-rata mendekati 10 persen per tahun.

Topik Menarik