IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Berikut 4 Saham Pilihannya

IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Berikut 4 Saham Pilihannya

Ekonomi | inews | Selasa, 16 April 2024 - 07:50
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi melemah pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 7.260–7.338.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto menjelaskan, dari perdagangan sebelumnya, sehabis liburan, IHSG pun dibuka kembali, apakah dengan adanya sentimen negatif IHSG tetap mampu mempertahankan lajunya?

"Sentimen tersebut antara lain, kembali memanasnya peperangan, lalu ada nilai tukar dolar AS yang sudah tembus Rp16.000. Kedua ini sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa IHSG harus diprediksi melemah, apalagi secara historikal memang begitu," tulis William dalam analisisnya, Selasa (16/4/2024).

Belum lagi, kata William, era suku bunga rendah sepertinya semakin menjauh karena inflasi Amerika tidak kunjung turun, sehingga The Fed belum memiliki alasan kuat untuk rate cut.

"Dari beragam sentimen yang ada, menjadi hal yang wajar jika IHSG diperkirakan menurun dan disertai dengan foreign outflow. Namun tunggu dulu, itu semua adalah perkiraan respon pasar," tuturnya.

Menurut William, IHSG baru akan memulai perdagangan dan masih dalam tren menguat, kuncinya adalah memperhatikan tren, apakah sudah patah atau belum, dan seberapa besar panic selling hari ini dan seterusnya.

"Sektor yang dapat diperhatikan ada pada komoditas dan transportasi," katanya.

Secara teknikal, IHSG bergerak dalam tren menguat dengan support baru pada 7.260. Jadi, sekalipun ada panic selling karena sentimen eksternal maupun nilai tukar, IHSG masih dalam kondisi aman selama bertahan di atas support ini. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini.

Buka halaman berikutnya untuk mengetahui saham-saham rekomendasi hari ini >>

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 32,48 poin (+0,45 persen) menuju 7.286,88 pada perdagangan Jumat, 5 April 2024. Sebanyak 261 saham menguat, 301 saham menurun, dan 220 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. 

Berikut saham-saham yang direkomendasikan secara teknikal:

ELSA, buy, support 378, resistance 410; 422.
Pergerakan harga saham mengkonfirmasi pola double bottom pada 398 (neckline).

ANTM, buy, support 1615, resistance 1750.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

LSIP, buy, support 910, resistance 970.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

GJTL, buy on weakness, support 1260, resistance 1490.
Potensi penutupan gap pada 1260.

Topik Menarik