3 Kapal Angkutan Arus Balik Lebaran Bakal Tiba di Tanjung Priok Hari Ini

3 Kapal Angkutan Arus Balik Lebaran Bakal Tiba di Tanjung Priok Hari Ini

Ekonomi | inews | Selasa, 16 April 2024 - 05:15
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak tiga kapal motor (KM) direncanakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari ini, Selasa (16/4/2024). Ketiganya adalah KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, dan KM Ciremai.

Diketahui, seluruh armada ini mengangkut ribuan penumpang arus balik dari daerah asal keberangkatan ke Jakarta. Menurut data Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, kapal pertama yang bersandar adalah KM Gunung Dempo.

Kapal tersebut diperkirakan tiba pada Selasa (16/4) pukul 02:00 WIB dini hari. Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur ini mengangkut sekitar 1.300 penumpang.

Selanjutnya  adalah KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang dijadwalkan tiba pada pukul 08:00 WIB. Estimasi penumpang di dalam kapal ini mencapai 1.000 orang.

Terakhir adalah KM Ciremai, yang juga berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak dengan proyeksi membawa penumpang 800 orang.

Sebelumnya, Koordinator Posko Terpadu Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Renaldo Sjukri mengatakan situasi pelabuhan masih kondusif, dan terkendali di tengah puncak arus balik mudik lebaran 2024.

“Saat ini cukup kondusif hari ini (Senin) cuma satu keberangkatan besok baru ada 2-3 kapal yang berdatangan,” kata Renaldo kepada iNews.id.

Topik Menarik