Lebaran 2024, Ketersediaan Pangan di Jabar Aman Meski Ada Kenaikan Harga

Lebaran 2024, Ketersediaan Pangan di Jabar Aman Meski Ada Kenaikan Harga

Ekonomi | bandungraya.inews.id | Selasa, 2 April 2024 - 12:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) memastikan, ketersediaan 9 bahan pangan strategis menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) atau Lebaran 2024 terpenuhi alias aman.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKPP Jabar, Nenny Fasyaini mengatakan, kebutuhan 9 pangan pokok strategis di Jabar tidak ada yang defisit

"Kita sudah terpenuhi semua, kondisinya aman untuk memenuhi kebutuhan menjelang HBKN," ucap Nenny di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/4/2024).

"Baik bawang merah, bawang putih, beras, cabe besar, cabe rawit, daging ayam, daging sapi, gula pasir, jagung, kedelai, minyak goreng dan telur ayam kondisinya insya Allah aman menjelang HBKN untuk Jawa Barat tidak mengalami kekurangan," tambahnya.

Terkait dengan ketersediaan beras, Nenny mengakui jika di Jabar sempat mengalami kelangkaan karena mengalami satu musim tanam yang mundur diakibatkan El Nino.

"Sehingga masa panen kita agak berkurang," ujarnya.

Untuk saat ini, pihaknya memastikan ketersediaan beras di pasaran sudah mulai terpenuhi karena sudah mulai musim panen meski belum memasuki puncak musim panen.

"Dan dari bulog antisipasi juga, dari bulog kita sudah tersedia juga beras yang kemarin kita salurkan baik melalui beras SPHP dan juga kita ada bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional melalui cadangan pangan pemerintah pusat yang dialokasikan kita di Jawa Barat ke 4,47 penduduk selama kemarin Januari, Februari, Maret dan nanti rencananya akan dilanjutkan lagi di April, Mei dan Juni," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memastikan harga beras di pasaran juga mengalami penurunan meski belum signifikan.

"Untuk beras sekarang sudah mulai mengalami penurunan harga karena gabahnya juga sudah mulai turun karena tadi produksi sudah meningkat dan beras yang di pasar sudah mulai turun meskipun tidak besar tetapi sudah ada penurunan," imbuhnya.

Di sisi lain, ada beberapa kebutuhan pangan seperti daging ayam dan sapi yang mengalami kenaikan harga menjelang Lebaran 2024. Menurut Nenny, kenaikan harga tersebut wajar karena permintaan yang tinggi menjelang HBKN.

"Dari data yang kita kumpulkan bahwa harga ayam, telur dan daging pada saat awal Ramadhan ada terjadi kenaikan di tengah tengah Ramadhan ada penurunan sekarang masih posisi di bawah yang awal Ramadhan. Tetapi kemungkinan di akhir nanti menjelang nanti Lebaran akan ada kenaikan lagi tetapi posisinya tidak terlalu naik yang drastis," tandasnya.

Topik Menarik