KA Argo Bromo Anggrek Gunakan Kereta Eksekutif New Generation Mulai Hari Ini

KA Argo Bromo Anggrek Gunakan Kereta Eksekutif New Generation Mulai Hari Ini

Ekonomi | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 09:00
share

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan kereta api (KA) Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi (pp) dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation mulai hari ini, Jumat (29/3/2024). Adapun rangkaian tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan jelang arus mudik Lebaran 2024, khususnya pelanggan KA Argo Bromo Anggrek.

"Ke depan, Kereta New Generation akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap, ujar Joni dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation pada KA Argo Dwipangga rute Gambir-Solo Balapan (pp) sejak 13 Desember 2023, KA Argo Lawu Gambir-Solo Balapan (pp) sejak 18 Desember 2023, dan KA Taksaka Gambir-Yogyakarta (pp) pada 18 Januari 2024.

Joni menambahkan, keunggulan Kereta Eksekutif New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan, tuturnya.

Jendela Kereta Eksekutif New Generation juga telah di- upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass . Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan mengisi daya gawai pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Keunggulan lain pada Kereta Eksekutif New Generation yaitu pada toilet dimana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi, ucap Joni.

Kereta Makan di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta Makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di Kereta Makan.

Topik Menarik