2 Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera Bakal Beroperasi Fungsional saat Lebaran 2024 

2 Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera Bakal Beroperasi Fungsional saat Lebaran 2024 

Ekonomi | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 14:14
share

JAKARTA, iNews.id - PT Hutama Karya (Persero) berencana memfungsionalkan dua ruas baru di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) jelang mudik Lebaran 2024. Kedua ruas tol tersebut adalah Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) dan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Limapuluh-Kisaran.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menuturkan, pengerjaan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I telah rampung dan akan diajukan untuk pelaksanaan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF) kepada Kementerian PUPR. Harapannya, Hutama Karya dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun ini.

Adapun, Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I akan digunakan secara fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Alhamdulillah selama dua hari tersebut sudah dilakukan pemeriksaan yang meliputi pengecekan kelengkapan administrasi, hingga kondisi fisik pekerjaan. Targetnya jalan tol ini dapat kita fungsionalkan pada lebaran untuk mendukung mobilitas pemudik khususnya di Provinsi Riau, ujar Tjahjo dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I memiliki mainroad sepanjang 24,7 kilometer (km), dengan jumlah lajur 2x2. Adapun kecepatan rencana adalah 80 km per jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya 15-20 menit saja.

Jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur meliputi delapan jembatan, sembilan box pedestrian dan box culvert, tiga overpass, satu interchange, serta dua gerbang tol.

Tjahjo memastikan, proses pembangunan sebelumnya Hutama Karya menggunakan sejumlah teknologi konstruksi. Diantaranya jembatan unibridge untuk efisiensi struktur pada kontur yang ekstrim. Selain itu, struktur yang ringan dengan bentang yang panjang dapat mengefisiensi desain pada struktur pondasi dan kolomnya.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol konstruksi 286,4 km dan 743,6 km ruas tol operasi. Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh, di antaranya yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), Tol Palembang-Indralaya (22 km),

Lalu, Tol Medan-Binjai (17 km), Tol Pekanbaru-Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2-6 (49 km) serta Tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Tanjung Pura (38 km), Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 km), Tol Indralaya-Prabumulih (64 km), Tol Indrapura-Lima Puluh (15,6 km), Tol Tebing Tinggi-Indrapura (28,5 km).

Topik Menarik