Bakal Digunakan pada 17 Agustus, Konstruksi Tol IKN Tembus 81 Persen

Bakal Digunakan pada 17 Agustus, Konstruksi Tol IKN Tembus 81 Persen

Ekonomi | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 08:48
share

KALIMANTAN TIMUR, iNews.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini progres pembangunan jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai 81 persen. Tol sepanjang 27 km ini rencananya digunakan sebelum 17 Agustus 2024.

Basuki menjelaskan sebelum 17 Agustus, jalan Tol IKN digunakan secara fungsional. Sehingga dapat mendukung mobilitas pasar peserta upacara hingga tamu undangan ke IKN.

"Secara fisik tidak ada hambatan, tetapi ada sedikit hambatan di lokasinya, tetapi kita upayakan akan selesai semua Agustus," kata Basuki saat meninjau IKN, Selasa (7/5/2024).

Basuki menjelaskan, saat ini progres pembangunan Tol IKN saat ini sudah berjalan untuk 3 seksi. Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Ketiga ruas tersebut, dikatakan Basuki yang nantinya akan digunakan secara fungsional alias gratis untuk mendukung kelancaran arus lalulintas menuju IKN ketika penyelenggaraan upacara Kemerdekaan.

"Sepanjang 27 KM dari Balikpapan melalui Tol Balsam sampai ke Jembatan Pulau Balang, itu yang akan kita manfaatkan pada 17 agustus 2024 sebanyak 3 lajur. Belum bertarif masih fungsional," ucapnya.

Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semulanya apabila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Biaya pembangunan Tol IKN untuk 3 seksi tersebut Rp6,8 triliun. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024 dan dapat digunakan tanpa tarif untuk mendukung penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus.

Topik Menarik