BI Sebut Harga Beras Sudah Turun, di Daerah Mana?

BI Sebut Harga Beras Sudah Turun, di Daerah Mana?

Ekonomi | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 19:06
share

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) membeberkan beberapa hal terkait penurunan harga beras yang menyebabkan tingkat inflasi masih terjaga. Menurutnya, penurunan sudah terjadi di Sumatera hingga Bali.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S Budiman membenarkan memang masih ada beberapa tantangan terkait beras. Sebab. panen beras baru akan berlangsung dari Maret sampai Mei.

"Dari data-data yang kami lihat, sudah ada penurunan harga beras terutama di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, jadi pada minggu kedua Maret ini sudah ada penurunan dari harga beras tersebut," kata Aida dalam konferensi pers RDG BI Bulan Maret 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Sebelumnya, BI melaporkan inflasi tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,51 persen. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Februari 2024 tercatat sebesar 2,75 persen (yoy), ditopang oleh inflasi inti yang rendah sebesar 1,68 persen (yoy) dan inflasi administered prices (AP) yang menurun menjadi 1,67 persen (yoy).

Sementara itu, inflasi volatile food (VF) meningkat menjadi 8,47 persen (yoy) dari 7,22 persen pada bulan sebelumnya, dipengaruhi oleh dampak El-Nino, faktor musiman, dan pergeseran musim tanam, yang terutama terjadi pada komoditas beras dan cabai merah.

Topik Menarik