BI Perkirakan Ekonomi RI Tumbuh hingga 5,5 Persen di Tahun Ini

BI Perkirakan Ekonomi RI Tumbuh hingga 5,5 Persen di Tahun Ini

Ekonomi | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 16:03
share

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan berada dalam kisaran 4,7-5,5 persen pada tahun ini. Menurut Perry, perkembangan ini didorong oleh permintaan domestik yang baik di konsumsi rumah tangga dan investasi.

"Investasi bangunan lebih tinggi dari prakiraan, ditopang oleh berlanjutnya Proyek Strategis Nasional (PSN) di sejumlah daerah dan berkembangnya properti swasta sebagai dampak positif dari insentif pemerintah," ucap Perry dalam konferensi pers RDG BI Bulan Maret 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Konsumsi rumah tangga dan investasi nonbangunan tetap terjaga, meskipun perlu terus didorong untuk mendukung berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional. Tetapi, permintaan domestik tercermin pada sejumlah indikator, seperti Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan Riil, dan PMI Manufaktur yang berada di zona optimis.

Sementara itu, ekspor barang diperkirakan belum kuat seiring penurunan permintaan dari negara mitra dagang utama, khususnya untuk komoditas CPO, besi baja, dan batu bara, sedangkan ekspor jasa khususnya pariwisata tumbuh kuat.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal Pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik," kata Perry.

Topik Menarik