TikTok Shop Catat Proses Migrasi ke Tokopedia sudah Capai 87 Persen

TikTok Shop Catat Proses Migrasi ke Tokopedia sudah Capai 87 Persen

Ekonomi | serpong.inews.id | Rabu, 20 Maret 2024 - 06:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - TikTok Shop catat migrasi ke Tokopedia sudah mencapai 87 persen. Terungkap dari data Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Proses ini melibatkan integrasi sistem yang mencakup berbagai aspek, seperti pembayaran, pemisahan data, dan operasional merchant.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Kari, menjelaskan bahwa proses migrasi ini dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu pembayaran, data, dan operasional merchant.

Tampilan Aplikasi

Saat ini, perubahan yang paling terlihat adalah dari sisi tampilan aplikasi, sehingga pengguna dapat merasakan perbedaan yang signifikan.

Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tahap yang perlu disempurnakan, seperti link untuk tagihan pembayaran yang masih dalam tahap penyempurnaan. Hal ini diharapkan dapat diselesaikan secepat mungkin agar proses integrasi dapat mencapai 100 persen.

Isy juga menyoroti bahwa migrasi secara backend antara TikTok dan Tokopedia dapat menjadi contoh bagi platform media sosial lain, asalkan memenuhi ketentuan yang diatur dalam Permendag nomor 31.

Sistem yang diadopsi memungkinkan transisi yang lancar bagi pengguna, dengan minimal gangguan dalam pengalaman berbelanja online.

Progres migrasi ini juga mendapat apresiasi dari Direktur Segara Research Institute, Piter Abdullah. Menurutnya, langkah Kemendag untuk mengawal dan membina para pihak terlibat dalam bisnis sesuai dengan ketentuan yang berlaku menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan solusi dan kepastian hukum bagi para pelaku usaha.

Piter juga menyoroti pentingnya perlindungan konsumen dalam proses migrasi ini, yang memastikan seluruh transaksi terjadi di platform e-commerce yang diatur dengan baik.

Dia menegaskan bahwa integrasi antara TikTok dan Tokopedia memberikan manfaat besar bagi para penjual dan pembeli, serta memperluas pasar secara signifikan. (*)

 

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kemendag Ungkap Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Capai 87 Persen ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/kemendag-ungkap-migrasi-tiktok-shop-ke-tokopedia-capai-87-persen.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Topik Menarik