Luhut Sebut Pabrik Mobil Listrik Asal China BYD Groundbreaking di RI Juli Ini

Luhut Sebut Pabrik Mobil Listrik Asal China BYD Groundbreaking di RI Juli Ini

Ekonomi | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 18:59
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa perusahaan mobil listrik asal China BYD akan groundbreaking di Indonesia pada Juli ini. Hal itu disampaikan dalam akun resmi Instagramnya, Selasa (19/3/2024).

Menurut Luhut, saat ini pemerintah akan membangun ekosistem yang mendukung kendaraan listrik. Hal itu dilakukan dengan memastikan pembangunan charger station hingga ke daerah timur.

"BYD akan masuk itu groundbreaking Juli saya kira bangun ekosistemnya betul sehingga sekarang kita akan pastikan semua kementerian lembaga memasang charger listrik dari sini ke Timur sana," ujar Luhut.

"Sehingga nanti kalau Lebaran kita pastikan kalau orang naik mobil atau motor dari sini ke Surabaya dia ada charger station di perjalanan," tutur dia.

Luhut mengatakan bahwa BYD sangat antusias bisa berinvestasi ke Indonesia. Bahkan, ditargetkan pabrik akan beroperasi pada 2026 mendatang.

"BYD sangat antusias dengan investasi ke Indonesia dan targetnya di awal 2026, pabrik mereka bisa mulai berproduksi secara komersial di Tanah Air," katanya.

Luhut pun akan memberikan banyak insentif dengan begitu masyarakat akan berbondong-bondong menggunakan kendaraan listrik.

"Jadi kita dorong supaya rakyat kita pakai mobil atau motor listrik, tentu sudah kasih insentif di mana-mana," ucap dia.

Topik Menarik