Wisata Halal Indonesia Terbaik di Dunia, Ekonomi Syariah Terus Dikembangkan

Wisata Halal Indonesia Terbaik di Dunia, Ekonomi Syariah Terus Dikembangkan

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 23:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah Indonesia tengah mempromosikan wisata halal, baik di dalam maupun luar negeri. Alhasil, popularitas Indonesia sebagai negara tujuan wisata semakin terdongkrak dan menjadi yang terbaik di dunia.

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengungkap bahwa ranking Indonesia terus naik dalam pengembangan ekonomi syariah. Bahkan, di sektor wisata halal, Indonesia berhasil menjadi yang terbaik di dunia.

Hal ini berdasarkan Laporan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023 yang menempatkan Indonesia peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, mengalahkan 140 negara lainnya.

Laporan dari GMTI ini dirilis di Singapura pada 1 Juni 2023 dan menjadi edisi kedelapan yang diselenggarakan oleh Mastercard-CrescentRating. Melalui penilaian yang dilakukan berdasarkan empat kategori utama yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan (ACES), Indonesia dan Malaysia memperoleh skor 73 disusul Arab Saudi 72, Uni Emirat Arab 71 dan Turki 70.

Ya saya kira, pertama itu ranking (pengembangan ekonomi syariah) kita di internasional terus naik. Terakhir, wisata kita itu ranking pertama wisata religi seperti tadi yang saya katakan itu sudah di pertama. Dan kita akan nyusul juga yang lain-lain, kata Wapres usai melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Riau, Kamis (8/6/2023).

Oleh karena itu, Wapres akan terus mendorong pengembangan ekonomi syariah di daerah-daerah melalui Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Kemudian di dalam negeri ya kita sendiri memang terus memacu, katanya.

Apalagi, kata Wapres, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mendorong pengembangan sektor ekonomi syariah di daerah dengan memberikan penghargaan Adinata Syariah. Dan kemarin kita adakan oleh KNEKS award tentang Adinata Syariah ya, itu untuk memberikan ya kepada masing-masing daerah.

Dan ternyata, dari 10 kategori itu sudah banyak yang mulai berkembang ya selain kawasan industri halal, kemudian juga kan Riau juga dapat itu ya, Kepri juga dapat, kata Wapres.

Kemudian juga soal kawasan halal sehat, kemudian juga industri keuangan, kemudian juga sosial syariah itu 10 kategori itu ternyata antara daerah itu saling berlomba untuk memperoleh penghargaan itu. Jadi penghargaan Adinata Syariah ini sebagai momen untuk kita mengukur ternyata kita lihat sudah ada kemajuan-kemajuan itu (ekonomi syariah di daerah), katanya lagi.

Topik Menarik