PR Indonesia Award 2023, TPS Raih Gold Winner

PR Indonesia Award 2023, TPS Raih Gold Winner

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 21:35
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) memboyong 3 penghargaan termasuk Gold Winner di ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2023.

Untuk penghargaan Gold Winner, diperoleh atas kepedulian TPS dalam menyediakan air bersih melalui program Coprorate Social Responsibility (CSR) berupa pembangunan sumur bor, tandon serta fasilitas MCK di desa Sumber Waru, Pamekasan, Madura.

Program bantuan sarana air bersih ini tidak hanya fokus untuk meningkatkan kemudahan akses air bersih saja, namun memiliki tujuan jangka panjang yang lebih luas mencakup peningkatan indeks kesehatan masyarakat dan mempercepat penurunan angka gizi buruk yang disebabkan oleh kualitas air di lingkungan.

Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo mengungkapkan, bahwa TPS siap ambil bagian dalam mendukung inisiasi pembangunan berkelanjutan yang merujuk pada framework Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam hal ini TPS menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya terkait dengan tujuan SDGs poin enam yaitu pemerataan akses air bersih dan sanitasi.

Kami terus melakukan pengukuran dan mengevaluasi keberhasilan untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan agar sesuai dengan harapan, sekaligus sebagai usaha TPS mengenalkan perusahaan ke masyarakat, sehingga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan, katanya, Senin (20/3/2023).

Adapun penentuan pemenang untuk kategori ini melalui beberapa proses penyeleksian mulai dari babak peyisihan materi, sampai dengan presentasi dan penjurian dari para praktisi kehumasan yang menilai bagaimana program tersebut dijalankan, bagaimana strategi komunikasinya, sekaligus mengukur keberhasilan dan dampak dari program tersebut.

Selain Gold Winner kategori CSR, pada ajang penghargaan yang digelar di Aston Denpasar Hotel & Convention Center pada Jumat (17/3) kemarin, TPS juga memperoleh penghargaan Silver Winner untuk program Annual Report, dan Bronze Winner untuk kategori owned media dengan sub kategori Video Profile.

Bangga sekali tahun ini TPS berhasil memborong 3 (tiga) Penghargaan PRIA sekaligus. Harapannya tahun depan kita bisa borong lebih banyak lagi, tentunya sebagai motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja kami, imbuh Wahyu.

Menurut Wahyu, peran kehumasan dan program CSR harus berjalan beriringan. Karena mereka mempunyai fungsi yang saling berkaitan, dimana peran PR adalah membangun citra perusahaan melalui membangun hubungan baik antara manajemen dengan eksternal. Sementara penerapan program CSR adalah bentuk kepercayaan masyarakat kepada perusahaan melalui pelaksanaan program CSR.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan bahwa TPS terus berupaya secara konsisten serta bersinergi bersama pemangku kepentingan. Hal ini Nampak pada Video Company Profile yang menampilkan visi misi, karakter, budaya dan atmosfer yang ada didalam perusahaan selain menampilkan proses bisnis yang dimiliki TPS.

Pun halnya dalam pembuatan annual report. TPS menjunjung tinggi akuntanbilitas dan transparansi. Dalam laporan tahunannya, TPS memuat informasi mengenai tantangan dan pencapaian TPS selama setahun.

Kejelasan pesan narasi laporan, pesan yang disampaikan kepada pemegang saham, aksesibilitas informasi, laporan keuangan, serta kreatifitas penyusunan dan desain annual report menjadi upaya TPS dalam penyusunan laporan annual report.

Ini bukan pertama kalinya TPS mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh PRIA, selama 2 tahun berturut-turut mulai tahun 2020 TPS selalu mengikuti ajang kompetisi ini dan berhasil mencatatkan prestasi.

Di tahun 2021, TPS berhasil meraih Bronze Winner untuk kategori Anak Usaha BUMN. Di tahun 2020, TPS berhasil meraih Gold Winner kategori Brand Guideline dan Bronze Winner untuk kategori Corporate PR, sub kategori Event Creator.

PRIA merupakan ajang kompetisi PR paling komprehensif di Indonesia sejak 2016 dan menjadi barometer kinerja organisasi dengan dewan juri para pakar PR dan CSR, konsultan/agensi PR, tokoh asosiasi/organisasi PR, jurnalis dan fotografer senior, pakar desain dan branding dan pakar media sosial.

Topik Menarik