Mata Silender Tapi Tak Mau Pakai Kacamata, Ini Loh 3 Bahayanya

Mata Silender Tapi Tak Mau Pakai Kacamata, Ini Loh 3 Bahayanya

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 17:46
share

MATA minus memang bisa terjadi ketika cahaya yang masuk ke dalam mata tidak jatuh tepat di retina. Mata minus bisa terjadi karena berbagai macam hal, salah satunya karena terlalu banyak memainkan gadget.

Tapi, selain mata minus ada juga kondisi mata silinder, yang terjadi ketika kelengkungan kornea atau lensa mata yang tidak teratur. Bila kornea atau lensa mata tidak melengkung secara merata, maka sinar cahaya tidak akan dibiaskan dengan benar.

Mata silinder atau astigmatisme adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan penglihatan jarak jauh kabur, bahkan sensitif terhadap cahaya, khususnya di malam hari. Keluhan disebabkan oleh kelengkungan kornea mata yang tidak merata sehingga menimbulkan lebih dari satu titik fokus di retina.

Seperti dilansir dari KlikDokter, berbeda dengan mata minus atau mata plus, mata silinder menyebabkan gejala yang awalnya tidak begitu terasa. Karena itu, penderita mata silinder cenderung malas pakai kacamata untuk bisa melihat lebih jelas.

Mata Silinder

Padahal, akibat mata silinder tidak memakai kacamata, lama-kelamaan bisa memperparah gejalanya. Dimulai dari pandangan makin kabur, sering sakit kepala, hingga komplikasi lainnya!

Penggunaan kacamata sendiri pada dasarnya tidak dapat menyembuhkan gangguan penglihatan apapun, termasuk mata silinder. Hanya saja, pemakaian kacamata lensa silindris dapat membantu penderitanya beraktivitas dengan lebih baik.

Ukuran silinder juga tidak bertambah tinggi terlalu cepat karena mata tidak dipaksa bekerja keras tanpa bantuan. Sebaliknya, efek mata silinder tidak memakai kacamata bisa menimbulkan komplikasi astigmatisme, seperti:

1. Makin Sulit Melihat dan Sering Sakit Kepala

Sering sakit kepala, menyipitkan mata, mengucek mata, dan kelelahan menandakan bahwa kamu sebenarnya sangat membutuhkan kacamata.

Bahaya tidak pakai kacamata saat terkena mata silinder bisa mengganggu aktivitas harianmu. Kamu mungkin jadi mudah menabrak sesuatu, sulit mengidentifikasi, hingga kesulitan membaca atau melihat, terutama di malam hari.

2. Berisiko Tinggi Alami Kecelakaan

Hampir 90 persen kemampuan reaksi seseorang saat mengemudi bergantung kepada penglihatan. Penderita mata silinder yang berkendara tanpa kacamata, bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Karena risiko mengalami kecelakaan yang jauh lebih besar bisa terjadi.

3. Mata Malas

Apakah astigmatisme yang kamu idap hanya menyerang salah satu mata? Hati-hati, kondisi ini berpotensi menimbulkan mata malas! Mata malas adalah kondisi berkurangnya kemampuan penglihatan salah satu mata akibat perkembangan daya lihat yang tidak normal saat masih bayi atau anak-anak.

Mata malas bisa disebabkan adanya masalah daya lihat yang mengganti jalur saraf di antara retina, tepatnya di belakang mata dan otak. Dalam dunia medis, mata malas disebut amblyopia.

Topik Menarik