Viral Kejahatan Phising, Begini Modus Baru yang Bisa Kuras Saldo Rekening

Viral Kejahatan Phising, Begini Modus Baru yang Bisa Kuras Saldo Rekening

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 15:24
share

IDXChannel Masyarakat kembali dihebohkan dengan modus baru kejahatan phising. Kejahatan tersebut mengincar data pribadi hingga rekening tabungan.

Dalam sebuah unggahan akun Instagram milik @evan_neri.tftt diceritakan modus baru penipuan phising berkedok kurir paket J&T Express.

Pelaku penipuan mengirimkan file yang bertuliskan LIHAT Foto Paket dengan format APK. Tanpa curiga, korban langsung meng-klik dan mengunduh file tersebut.

Tak lama berselang, saldo dalam rekeningnya ternyata telah hilang. Dalam kasus ini korban terlanjur mengunduh file tsb. Dan tanpa diketahui korban, saldo BRIMO ludes, jelas Evan dalam unggahan Instagram-nya.

Evan juga menuliskan kalau file yang dikirimkan adalah exploit yang bisa berjalan di latar belakang untuk mengambil data-data korban.

Diduga file yang dikirimkan oleh pelaku dan diunduh oleh korban adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan Password), atau istilah dalam dunia hacking disebut sniffing .

Dari beberapa korban yang DM saya, setelah klik unduh APK tersebut, tidak terjadi apa-apa dan juga tidak ada aplikasi baru yang muncul, tambah Evan.

Evan menduga jika aplikasi yang dikirimkan sudah berisi malware berjenis RAT atau Remote Administrator Tool yang bekerja dengan cara mengontrol gawai korban dari jarak jauh dan beroperasi di latar belakang.

Dalam kasus yang ada saat ini, pelaku yang telah berhasil menguasai HP korban dapat dengan mudah mengakses aplikasi keuangan (Mobile Banking, Internet Banking, dll) tanpa diketahui korbannya hingga akhirnya menguras saldo, jelas Evan.

Pihak J&T Express melalui akun Instagram resminya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

"Sprinter J&T Express tidak pernah meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian \'J&T Express\'," dikutip dari iNewsDepok.id pada Senin (05/12/2022).

Pihak J&T Express mengimbau untuk selalu mencetak resi melalui internet banking dan jika ada keraguan bisa langsung menghubungi call center J&T Express.

Penulis: Ahmad Fajar

(FRI)

Topik Menarik