Xi Jinping: China Dukung Negara-Negara Arab Lindungi Kedaulatan Mereka

Xi Jinping: China Dukung Negara-Negara Arab Lindungi Kedaulatan Mereka

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 13:52
share

RIYADH, iNews.id China mendukung negara-negara Arab dalam melindungi kedaulatan mereka. Hal itu diungkapkan Presiden China Xi Jinping lewat sebuah artikel yang dimuat salah satu media Arab Saudi, Kamis (8/12/2022).

Dia menyatakan, Beijing juga bermaksud untuk memperkuat kemitraan strategis dengan Riyadh.

Xi tiba di Arab Saudi pada Rabu (7/12/2022) untuk kunjungan kenegaraan yang akan berlangsung hingga Sabtu (10/12/2022). Pemimpin China itu akan menghadiri KTT China-Negara-Negara Arab yang pertama dan KTT Dewan Kerja Sama China-Teluk.

China mendukung negara-negara Arab dalam menegakkan kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah. Pada isu-isu seperti pertanyaan Palestina, dukungan kuat China untuk negara-negara Arab telah konsisten dan tak tergoyahkan, tulis Xi dalam sebuah artikel untuk harian Saudi Alriyadh, seperti dikutip Kementerian Luar Negeri China.

Menurut dia, tujuan kunjungannya ke Arab Saudi adalah untuk memulai era baru hubungan antara China dan dunia Arab. Dengan Arab Saudi, khususnya, Xi menegaskan komitmen China untuk memperkuat kemitraan strategis bilateral.

China akan menganggap kunjungan ini sebagai kesempatan untuk memperkuat kemitraan strategis komprehensifnya dengan Arab Saudi. Kami akan terus saling memahami dan mendukung, dan bersama-sama mengadvokasi kemerdekaan dan menentang campur tangan eksternal, kata dia.

Xi menambahkan, Beijing juga berupaya memperkuat kerja sama dengan Arab Saudi dalam mekanisme multilateral seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), G20, dan Organisasi Kerja Sama Shanghai.

Topik Menarik