Loading...
Loading…
Kasusnya Makin Merembet, KPK Didesak Terlibat Usut Dugaan Pencucian Uang Dalam Rekening Brigadir J

Kasusnya Makin Merembet, KPK Didesak Terlibat Usut Dugaan Pencucian Uang Dalam Rekening Brigadir J

Powered by BuddyKu
Ekonomi | populisid | Rabu, 28 September 2022 - 09:47

Aktivis Perempuan Irma Hutabarat meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut turun tangan untuk menyelidiki aliran dana yang janggal dalam rekening Brigadir J, karena diduga kuat ada tindak pidana pencucian uang (TPPU) disana.

Walaupun istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sudah mengakui bahwa rekening atas nama Brigadir J adalah miliknya, namun penyelidikan tidak boleh berhenti sampai disitu karena masih ada beberapa kemungkinan lain.

Hal itu disampaikan Irma dalam diskusi publik dengan tema Obstruction of Justice: Terjalnya Proses Pencarian Keadilan Kasus Joshua, di Hotel Grand Mahakam, Jl. Mahakam, Jakarta Selatan, Selasa (27/9/2022).

"Karena menurut Profesor Ganarsih yang ahli TPPU kemungkinan besar ada upaya pencucian uang yang dilakukan melalui rekening ajudan-ajudan tersebut. Harusnya PPATK bisa turun tangan, juga KPK dalam hal ini," kata Irma.

Irma juga curiga ada pengelolaan dana gratifikasi yang diterima oleh Ferdy Sambo dalam rekening tersebut. Ia menyadari bahwa kasus pembunuhan ini bisa merembet pada masalah lain, oleh karenanya ia meminta banyak pihak terlibat untuk bisa mengungkap.

"Artinya komisi-komisi yang ada di negara ini mulai dari KPK, PPATK, Kejaksaan itu harus bersama-sama, tujuannya sama, kita ingin Sambo dihukum yang setimpal," ungkapnya.

Terkait aliran dana yang janggal itu, Irma menjelaskan bahwa ada transfer senilai ratusan juta dari rekening Brigadir J saat dirinya sudah dinyatakan tewas. Menurutnya perlu ada penelusuran lebih lanjut untuk mengetahui pemanfaatan dana tersebut.

"Yosua mati tanggal 8, tanggal 11 ada transfer dari kuburan, iya kan, transfer dari orang mati. Ini ada M Banking dari dalam kubur Yosua tanggal 11 sebesar 200 juta. Bareskrim tahu, pertanyaan saya kenapa tidak ditindak lanjuti," tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Putri Candrawathi membuka rekening atas nama 2 ajudan dari Ferdy Sambo. Selain menggunakan nama Brigadir J, Putri juga membuat rekening bank menggunakan nama Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR.

Original Source

Topik Menarik