Loading...
Loading…
Biaya Sewa Rusun lansia Terbaru 2022, Ada Rp45 Juta Per Bulan

Biaya Sewa Rusun lansia Terbaru 2022, Ada Rp45 Juta Per Bulan

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Senin, 05 September 2022 - 10:16

IDXChannel - Biaya sewa rusun lansia menarik untuk disimak. Nampaknya masih banyak orang belum mengetahui mengenai biaya hunian untuk orang lanjut usia ini.

Hunian rusun untuk orang lanjut usia ini memang masih memiliki stigma yang negatif di Indonesia. Karena bayangan untuk lansia yang bertempat tinggal di panti jompo diibaratkan seperti orang tua yang tidak memiliki perhatian dari orang sekitar terutama keluarganya.

Namun hal tersebut stigma untuk beberapa orang saja, saat ini banyak lansia yang memilih tinggal di panti jompo karena kehidupan di sana lebih teratur, aktif, dan bisa bersosialisasi dengan teman-teman seusianya. Untuk bisa tinggal di panti jompo tentunya memiliki biaya yang harus dikeluarkan.

Lalu, berapa biaya sewa rusun lansia? Yuk simak artikel ini akan menjelaskan berdasarkan sumber yang telah kami himpun.

5 Manfaat Bagi Lansia Tinggal di Panti Jompo

Sebelum membahas biaya sewa rusun lansia, ada baiknya membahas manfaat panti jompo untuk lansia terlebih dahulu. Saat ini mulai tepis anggapan negatif tentang orang lanjut usia yang ditempatkan di panti jompo. Karena beberapa alasan ini membuat Anda lebih berfikir bahwa lansia tinggal di panti jompo tidak seburuk yang dipikirkan. Berikut manfaat jika lansia tinggal di panti jompo:

  1. Panti jompo memiliki pelayanan medis tingkat lanjut untuk lansia.
  2. memudahkan lansia berinteraksi dengan orang lain dan sesuai dengan usianya.
  3. menjalani aktivitas harian yang teratur.
  4. Terdapat pelayanan kesehatan di panti jompo bervariasi meliputi perawatan ortopedi, seperti masalah otot, sendi, dan tulang.
  5. Tersedia pula pengobatan untuk gangguan pernapasan, perawatan setelah operasi, seperti perawatan luka dan terapi antibiotik dan intravena.

Inilah Biaya Sewa Rusun Lansia

Terdapat beberapa daftar rusun untuk lansia. diantaranya:

Biaya Sewa Rusun lansia Terbaru 2022, Ada Rp45 Juta Per Bulan. (Foto: MNC Media)

1. STW RIA Pembangunan (Rp4-Rp12 Juta)

Tresna Werdha (STW) RIA Pembangunan berlokasi di di Jalan Karya Bhakti, Cibubur, Jakarta Timur. Kepala dari STW RIA yakni Pembangunan Ibnu Abas mengatakan, jika ada lansia yang ingin bertempat tinggal di rusun tersebut harus melewati beberapa tahap yang dilakukan. Tahapannya yang pertama, mengisi formulir dan melengkapi sejumlah dokumen data diri dan kesehatan. Perlu diperhatikan, lansia yang boleh bertempat tinggal di STW RIA harus memiliki umur diatas 60 tahun dan atas kemauan diri sendiri bukan paksaan dari seseorang.

Setelah proses administrasi selesai dan datanya sesuai, tahapan selanjutnya yaitu calon penghuni akan diundang ke STW untuk jalani pemeriksaan kesehatan dengan dokter dari pihak STW. Jika sudah menjalani pemeriksaan kesehatan, pihak STW nantinya akan datang ke rumah calon penghuni untuk mengetahui interaksi atau pola komunikasi di rumahnya.

Untuk biaya per bulan di STW RIA Pembangunan dikenai tarif Rp4-Rp12juta. Dari harga tersebut terdapat beberapa perbedaan dari segi pelayanan, seperti rusun memiliki fasilitas yang berbeda-beda seperti non-AC dan ber-AC, kamar VIP atau yang tinggal di rusun tiga lantai.

Untuk lansia yang mandiri cukup membayar biaya sekitar Rp4-Rp8 juta saja. Namun, untuk lansia yang tidak mandiri dengan nilai layanan termurah tinggalnya di klinik, sedangkan untuk yang nilai layanan mencapai Rp 12 juta, lansianya tinggal di kamar VIP.

Informasi seputar STW RIA Pembangunan bisa Anda cari tahu melalui telepon di (021) 87753203, media sosial, atau datang langsung ke STW RIA Pembangunan di Jalan Karya Bhakti Nomor 2, Cibubur, Jakarta Timur.

2. Rukun Senior Living (Rp19-Rp45 Juta)

Rusun khusus lansia yang kedua ini dikenal dengan rusun yang eksklusif. Rukun Senior Living menawarkan kepada para lansia dengan berbagai pelayanan seperti layaknya di hotel. Terdapat beberapa kelas di rusun ini yakni ada Ideal Suite, Deluxe Suite hingga Supreme Suite. Namun, biaya yang dikeluarkan sudah termasuk untuk beberapa program kegiatan seperti, monitor kesehatan dan konsultasi dokter, makanan dan camilan, layanan kebersihan dan laundry, serta fasilitas lainnya.

Rukun Senior Living berlokasi di Kawasan Darmawan Park, Jalan Babakan Madang 99, Sentul Selatan, Bogor 16810. Biaya sewa rusun lansia disini dibedakan dari kelas resort dan kategori. Untuk kategori single dikenakan tarif Rp19.5-Rp32,4 juta, sedangkan untuk kategori couple per bulannya ditaksir sekitar 27-45 juta.

Untuk informasi lebih lanjut soal Rukun Senior Living Anda bisa hubungi nomor telepon (021) 87951525 atau bisa mengunjungi laman resminya https://rukunseniorliving.com/ .

Itu tadi ulasan mengenai biaya sewa rusun lansia dan kelebihan yang didapat jika orang lanjut usia mengisi waktu di hari tua untuk tinggal di panti jompo. Informasi tadi semoga dapat menambah wawasan Anda.

Original Source

Topik Menarik

{