5 Orang Terkaya Pemilik Supermarket Terbesar di Indonesia

5 Orang Terkaya Pemilik Supermarket Terbesar di Indonesia

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:33
share

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Bisnis ritel ternyata sangat menjanjikan. Pasalnya, masyarakat pasti membutuhkan bahan sandang pangan untuk bertahan hidup.

Mereka bisa mendapatkannya dengan mendatangi toko ritel terdekat. Tak heran toko ritel seperti minimarket dan supermarket selalu kebanjiran pengunjung setiap harinya.

Peluang itu pun tidak disia-siakan oleh beberapa konglomerat. Bahkan, mereka berekspansi ke beberapa wilayah di Indonesia untuk meraup pasar yang lebih luas.

Nah ternyata, beberapa konglomerat atau orang terkaya di Indonesia ini merupakan pemilik dari supermarket yang cukup terkenal.

Berikut lima orang terkaya di Indonesia pemilik supermarket besar, dikutip dari berbagai sumber.

1. James Riady (Hypermart)

James Riady merupakan putra dari salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, Mochtar Riady. Salah satu pundi penghasilan James Riady adalah supermarket Hypermart. Hypermart memiliki kurang lebih 100 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Supermarket ini berada di bawah bendera PT Matahari Putra Prima Tbk milik Lippo Group. Selain Hypermart, James Riady juga mendirikan supermarket lainnya seperti Foodmart.

2. Keluarga Bob Sadino (Kem Chicks)

Kem Chicks merupakan supermarket lokal milik pengusaha kaya dari keluarga Bob Sadino. Meski Bob Sadino telah tiada, namun bisnisnya ini tetap sukses.

Kem Chicks pertama kali dibuka di daerah Kemang di bawah PT Boga Caturrata. Selain di Kemang, Kem Chick juga membuka cabang di Pacific Place Jakarta. Selain Kem Chicks, mendiang Bob Sadino juga mendirikan perusahaan bergerak di bidang ekspor sayuran dan buah-buahan yaitu PT Kem Farm.

3. Muhammad Saleh Kurnia (Hero)

Hero adalah perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang didirikan tanggal 23 Agustus 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di Jalan Falatehan, Jakarta.

Saat ini Hero telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Hero juga satu group dengan beberapa ritel seperti Guardian, IKEA, dan Starmart.

4. Anthony Salim (Indomaret)

Siapa yang tidak kenal dengan minimarket berwarna biru yang outletnya tersebar di seluruh Indonesia. Ya, Indomaret. Minimarket ini didirikan oleh Anthony Salim anak dari Sudono Salim.

Setidaknya di Indonesia Indomaret sudah memiliki kurang lebih 18.271 outlet dengan pendapatan Rp122,15 triliun per tahun.

5. Djoko Susanto (Alfamart)

Selanjutnya datang dari Alfamart, minimarket berwarna merah ini ternyata miliki Djoko Susanto. Ia termasuk salah satu orang kaya dengan bisnis ritel terbesar di Indonesia. Kekayaannya mencapai Rp27,1 triliun yang didapat dari penghasilan 1.761 outlet Alfamart dan Alfamidi.

Topik Menarik