Bertemu Pangeran MBZ, Jokowi Sepakati Perjanjian soal Ekonomi, Pertahanan hingga Mangrove

Bertemu Pangeran MBZ, Jokowi Sepakati Perjanjian soal Ekonomi, Pertahanan hingga Mangrove

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 2 Juli 2022 - 05:46
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Abu Dhabi pada 30 Juni 1 Juli 2022. Presiden Jokowi tiba di Abu Dhabi sebagai rangkaian kunjungan yang diawali dengan pertemuan G7 di Jerman, lalu ke Kyiev dan Moskow untuk menyampaikan pesan perdamaian.

Berdasarkan siaran pers KBRI Abu Dhabi, pada kunjungan bilateral ini Presiden Jokowi bertemu Presiden PEA H.H. Mohamed Bin Zayed (MBZ) di Abu Dhabi. Pertemuan itu membahas berbagai isu kerja sama di antaranya isu ekonomi, industri pertahanan, lingkungan hidup, kebudayaan, pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Kemudian, kerja sama investasi, Presidensi Indonesia di G20, serta upaya Indonesia dalam mewujudkan perdamaian antara Ukraina dan Rusia. Presiden Jokowi mengapresiasi Pangeran MBZ atas hubungan persahabatan antara Indonesia dan PEA yang terus meningkat di tengah situasi penuh tantangan sekarang ini.

"Terima kasih telah menerima kami, di tengah situasi menantang seperti sekarang ini kita terus bekerja sama meningkatkan hubungan antara kedua negara," ucap Presiden Jokowi.

Adapun hal yang menjadi sorotan dalam kunjungan ini adalah kesepakatan Indonesia - UAE Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang ditandatangani oleh kedua Menteri Perdagangan. Dengan I-UAE CEPA, diharapkan nilai perdagangan kedua negara akan meningkat setidaknya 50%.

Selain itu, Indonesia dan PEA juga menyepakati berbagai perjanjian di bidang industri pertahanan, kerja sama terkait perubahan iklim dalam pengembangan mangrove, kerja sama pendirian Pusat Studi Masa Depan, dan beberapa kesepakatan investasi serta bisnis yang menandai semakin kuatnya hubungan kedua negara.

Jika dirangkum, terdapat setidaknya 5 (lima) perjanjian antar-instansi pemerintah, 5 (lima) perjanjian antar-pelaku bisnis, serta 1 (satu) kesepakatan antar-universitas yang dihasilkan selama kunjungan berlangsung.

Berbagai kesepakatan bilateral yang ditandatangani harus dirasakan manfaatnya oleh rakyat kedua negara. Untuk itu KBRI Abu Dhabi akan memastikan bahwa berbagai kerja sama yang telah terjalin terus ditindaklanjuti dan dimonitor implementasinya, ujar Husin Bagis, Duta Besar RI untuk PEA.

Topik Menarik