Loading...
Loading…
Siap Finansial untuk Anda yang Mau Menikah Tahun Depan

Siap Finansial untuk Anda yang Mau Menikah Tahun Depan

Powered by BuddyKu
Ekonomi | TrenAsia | Jumat, 24 Juni 2022 - 11:23

JAKARTA - Menikah jadi salah satu peristiwa penting dalam hidup. Sayangnya, momen yang diharapkan terjadi satu kali seumur hidup ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Itulah yang menyebabkan pernikahan tak hanya perlu kesiapan mental, tapi juga finansial. Karenanya, demi mencukupi hal ini, Anda perlu menyiapkan sejumlah dana.

Lantas, bagaimana caranya menabung dan mempersiapkan biaya pernikahan jika Anda ingin menikah tahun depan? Simak ulasan berikut. 1. Tetapkan rincian biaya nikah

Sebelum menabung, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan rincian biaya yang akan Anda keluarkan untuk menikah. Ada beberapa hal yang perlu Anda catat seperti tempat pernikahan, tamu undangan, souvenir, make up, dekorasi, catering , hiburan, dan lain sebagainya.

Menetapkan rincian biaya menikah bisa membantu Anda menabung dengan lebih efektif. Selain itu, Anda dapat melihat kebutuhan apa kira-kira yang bisa dipotong tanpa mengurangi kesakralan pernikahan. 2. Evaluasi kondisi keuangan kalian

Tiap orang tentunya punya kondisi keuangan berbeda-beda. Seperti jumlah pemasukan, pengeluaran, likuiditas aset, utang dan lain sebagainya.

Baca Juga :
Sambut 2022 dengan Perencanaan Finansial Lebih Baik, Ini 3 Tips Cerdas dari MotionBanking!

Saat menabung bersama pasangan demi melangsungkan pernikahan, evaluasi kondisi keuangan Anda dan pasangan. Jangan ada yang ditutupi.

Sebab, selain membantu Anda mengeluarkan besaran uang tabungan, hal ini juga bisa jadi gambaran kedepannya untuk mengatur keuangan bersama pasangan. 3. Targetkan waktu

Setelah mengevaluasi kondisi keuangan, tentukan target jumlah tabungan Anda sesuai dengan kapan Anda akan melangsungkan resepsi pernikahan.

Sebagai contoh, jika Anda dan pasangan hanya mampu menabung 5 juta dalam sebulan sedangkan pernikahan impian Anda butuh 150 juta, maka Anda lebih baik memundurkan tanggal pernikahan.

Namun jika Anda kekeh untuk melangsungkan pernikahan dalam setahun ke depan, Anda bisa memangkas sejumlah biaya dari rencana pernikahan Anda seperti mengurangi jumlah tamu, mencari souverir murah, dan venue dengan harga terjangkau. 4. Tekan Pengeluaran

Saat menabung untuk menikah, Otomatis Anda harus menakan pengeluaran. Namun yanh=g harus Anda tekan adalah keinginan Anda, bukab pernikahan.

Sebagai contoh, alih-alih menggunakan uang untuk nongkrong atau menghabiskannya untuk bermain game, Anda bisa memilih untuk alokasikan dana tersebut untuk masuk ke tabungan pernikahan. 5. Cari penghasilan tambahan

Baca Juga :
Umur 25 Sudah Punya Apa? Simak Ulasannya di IG Live MNC Sekuritas Pukul 20.00 WIB Hari Ini!

Jika tabungan masih dirasa kurang, Anda bu=isa mencari penghasilan tambahan dengan melakukan beberapa kerja sampingan. Sebagai contoh, Anda dapat menjalankan bisnis online atau menjadi pekerja lepas di platform pencari kerja. 6. Catat dan pantau keuangan

Menabung tidak lepas dari pencatatan keuangan. Jika tidak dilakukan pencatatan, Anda tidak bisa melihat secara jelas apakah target dapat dicapai tepat waktu. Selain itu, dengan mencatat keuangan, Anda juga bisa melakukan evaluasi pengeluaran dan pemasukan secara berkala.

Original Source

Topik Menarik

{
{