WIR Group Berencana Bangun Metaverse di 22 Negara Mediterania

WIR Group Berencana Bangun Metaverse di 22 Negara Mediterania

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 22:14
share

JAKARTA - PT WIR Asia Tbk (WIRG) berencana membangun metaverse di 22 negara Mediterania.

Perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan a rtificial Intelligence (AI) ini telah menyepakati kerjas sama dengan Mediterranean Tourism Forum untuk membangun Metaverse for Mediterranean Countries.

Mediterranean Tourism Forum adalah lembaga nirlaba dan nonpemerintah yang fokus kepada pengembangan pariwisata di kawasan Mediterania.

Kawasan Mediterania selama ini dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata bertaraf global dan memegang peranan besar dalam perekonomian Uni Eropa dengan pangsa sebesar 30% dari pariwisata global dan kontribusi sebesar 23% pendapatan global dari sektor pariwisata.

Overseas Business Director and Government Relations WIR Group di Malta, Yasha Yasrin Chatab, mengatakan bahwa studi yang dikemukakan lewat artikel bertajuk Over 60 Millenial Travel Statistics (2022) menunjukkan adanya kecenderungan pada gen z dan generasi milenial untuk fokus pada pengalaman yang terasa otentik dan kental akan nilai warisan budaya saat mereka sedang melakukan perjalanan wisata.

Sementara itu, Advisia pun merilis hasil penelitian yang mengungkapkan 69,35% dari gen z yang menjadi partisipan dalam survei menunjukkan respon positif terhadap metaverse , dan sebanyak 65,81% bersedia mengeluarkan uang untuk menjajaki realitas virtual.

Dari data-data itu, kami melihat pengembangan pariwisata melalui teknologi metaverse di negara-negara kawasan Mediterania ini dapat menjadi terobosan dan alat dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyasar para wisatawan masa depan, ungkap Yasha melalui keterangan tertulis, Selasa, 21 Juni 2022.

Sebagai informasi, nota kesepahaman kerja sama untuk pembangunan metaverse ini ditandatangani pada hari Selasa, 14 Juni 2022, oleh Yasha selaku perwakilan WIR Groyp di Malta dan Secretary General Mediterranean Tourism Forum Andrew Agius Muscat. Penandatanganan turut disaksikan oleh Komisaris Utama dan Co-founder WIR Group Daniel Surya.

Sebelumnya, WIR Group juga menerima penghargaan dari Mediterranean Tourism Forum karena dukungan terhadap pengembangan pariwisata di Malta melalui pengembangan teknologi dan edukasi yang mendorong penggunaan augmented reality di industri pariwisata negara tersebut.

Penghargaan itu diserahkan oleh Presiden Malta George Vella kepada Daniel Surya dalam acara makan malam di Mediterranean Conference Centre, Valetta, Malta, pada Senin, 13 Juni 2022.

Topik Menarik