Pasar Otomotif Kembali Bergairah Tahun Ini

Pasar Otomotif Kembali Bergairah Tahun Ini

Ekonomi | koran-jakarta.com | Jum'at, 3 Juni 2022 - 08:38
share

JAKARTA - Pasar otomotif di Tanah Air diperkirakan kembali bergairah seiring mengeliatnya kembali kegiatan ekonomi dan memulihnya daya beli masyarakat. Karenanya, pelaku pasar otomotif mulai memacu kinerja penjualannya guna mengejar ketertinggalan akibat dampak krisis ekonomi dan kesehatan beberapa waktu lalu.

Pengamat Otomotif Bebin Djuana menilai pasar otomotif nasional ke depan sangat prospektif. Untuk di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan dan populasi tinggi, lanjutnya, kendaraan jenis city car bakal makin diminati.

Menurutnya, keterbatasan lahan parkir dan jalan akan membuat konsumen memilih mobil dengan ukuran yang lebih kecil. "Kalo tiap hari hanya mengangkut satu atau dua orang, mending memilih city car saja," ujarnya kepada Koran Jakarta , Kamis (2/6).

Selain itu, lanjutnya, city car cenderung menggunakan mesin yang kecil sehingga konsumsi BBM lebih irit. "Ingat, harga BBM saat ini atau ke depan kemungkinan semakin mahal," ujarnya.

Chief Operation Officer (COO) AI-DSO, Fredy Handjaja yakin, dengan membaiknya perekonomian setelah menurunnya pandemi Covid 19, daya beli masyarakat juga meningkat. Diharapkan, pasar otomotif bergairah kembali karena mobilitas masyarakat semakin meningkat.

Karenanya, Daihatsu meluncurkan wajah baru Sirion untuk publik Indonesia. New Sirion tampil lebih sporty dan keren plus banyak fitur unggulan baru yang cocok untuk kaum muda potensial. "Kami optimistis ini bisa diterima pasar Indonesia. Apalagi, harganya sangat kompetitif, jika dibandingkan kompetitor," ujar Fredy Handjaja saat peluncuran Daihatsu Sirion di Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (2/6).

Tidak hanya Sirion, tetapi pasar Daihatsu secara keseluruhan juga akan melonjak. Fredy memperkirakan hingga akhir tahun, penjualan Daihatsu bisa mendekati posisi sebelum masa pandemi. Sejak awal 2022, penjualan Daihatsu melonjak seiring meningkatnya penjualan otomotif.

Penjualan ritel Daihatsu hingga April 2022 (ytd) sebanyak lebih dari 62.000 unit, atau naik 41,8 persen dibandingkan April 2021. Market share Daihatsu naik 2,4 persen menjadi 19,5 persen pada ytd April 2022 dibandingkan YTD April 2021 sebesar 17,1 persen.

Kondisi Normal

Marketing & Customer Relations Division Head AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso optimistis, dengan kondisi ekonomi mulai normal, penjualan Daihatsu Sirion hingga akhir tahun ini bisa menembus 100 unit per bulan.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani menjelaskan, Sirion sebagai city car dengan tagline Sahabat Muda telah terjual lebih dari 36.000 unit sejak diluncurkan pertama kali pada 2007. Dengan mengusung tema \'The Real Perfection\', Sirion juga dilengkapi beragam fitur yang dijamin bakal bikin berkendara jadi makin asik dan menyenangkan atau fun to drive .

"Karena Sirion kini dilengkapi transmisi D-CVT yang dapat meningkatkan akselerasi berkendara lebih responsive ," tutur Agung.

Topik Menarik