Loading...
Loading…
Ada Sponsor Bir di Formula E, Guntur Romli: Anies Mainkan Isu Agama, Kini Senjata Sedang Berbalik

Ada Sponsor Bir di Formula E, Guntur Romli: Anies Mainkan Isu Agama, Kini Senjata Sedang Berbalik

Ekonomi | wartaekonomi | Senin, 30 Mei 2022 - 11:42

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohamad Guntur Romli, mengomentari adanya minuman beralkohol sebagai sponsor ajang balap mobil listrik, Formula E. Menurutnya, hal itu banyak menimbulkan kegaduhan, terutama di kalangan pendukung Anies Baswedan.

"Formula E kini diributkan di kalangan pendukung Anies, karena ada perusahaan bir raksasa dunia," kata Guntur di kanal YouTube CokroTV, Jumat (27/5/2022).

Ia pun menyinggung beberapa pendukung Anies yang melakukan penolakan atas adanya sponsor minuman tersebut. Tak hanya itu, ia pun kembali menungkit manuver politik Anies kala demo PA 212 tahun 2019, yang meminta Jakarta menjual saham di perusahaan bir PT Delta Jakarta.

"Tapi kini, Formula E yang ngotot diadakan oleh Anies ternyata sponsor utamanya ada perusahaan minuman beralkohol, baik bir, sampanye, dan wine," tambah Guntur.

Lebih lanjut, ia mengklaim salah satu sponsor Formula E yang merupakan perusahaan bir, Heineken, adalah pendukung LGBT. Tak hanya itu, ada pula perusahaan minuman beralkohol lain, yaitu wine yang menjadi sponsor ajang balap mobil listrik tersebut.

Alhasil, menurut Guntur, hal itu malah merugikan Anies Baswedan sendiri. Guntur juga menyebut, jika ingin mengadakan sebuah acara untuk kelas dunia, harus siap berurusan dengan hal-hal macam begini.

"Kalau mau jadi warga kelas dunia, maka akan berhubungan dengan segala macam perbedaan, baik perbedaan ras, suku, budaya, orientasi seksual, dan identitas gender. Dan LGBT saat in diterima sebagai warga dunia," ucapnya. "Tapi bagi Anies, dia telah menyeret dirinya pada pusaran keras yang diciptakannya sendiri."

Atas hal itu, menurutnya Anies kini kini sedang dirugikan. "Selama ini Anies terus bermain dengan senjata politisasi agama, kini senjata itu tampaknya sedang berbalik, menjadi bumerang yang menyerang tuannya sendiri.," kata dia.

Kata Panitia Soal Sponsor Bir

Di sisi lain, Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta memastikan tidak ada iklan bir maupun minuman beralkohol yang ditampilkan selama berlangsungnya ajang balap mobil listrik tersebut di Jakarta.

iklan Heineken tidak akan muncul, itu bisa dipastikan, kata Vice Managing Director Formula E Jakarta, Gunung Kartiko di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Gunung mengungkapkan, Heineken adalah satu sponsor global Formula E yang selalu hadir dalam setiap ajang Formula E di seluruh dunia.

Meski demikian, pihak Formula E Operation atau FEO akan tetap mematuhi aturan di masing-masing negara tuan rumah penyelenggara terkait sponsor.

"Heineken ini sebenarnya global sponsor yang membiayai seluruh event di negara-negara. Jadi FEO akan selalu bawa global sponsor di event negara," ujarnya.

Namun FEO juga punya kebijakan bahwa mereka mengikuti peraturan di tiap negara. "Kita confirm tidak ada iklan bir. Jadi itu sudah bisa dipastikan," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik