Berkah Libur Lebaran 2022, Omzet Pedagang di Pasar Beringharjo Meningkat

Berkah Libur Lebaran 2022, Omzet Pedagang di Pasar Beringharjo Meningkat

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 01:39
share

LIBUR Lebaran tahun ini membawa berkah bagi pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta. Selama libur, jumlah pengujung mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat yang otomatis juga meningkatkan omzet pedagang di pasar tradisional terbesar di Yogyakarta tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan minat masyarakat dan wisatawan berkunjung ke Pasar Beringharjo sangat luar biasa saat libur Lebaran tahun ini.

Ada kenaikan (pengunjung) tiga kali lipat. Keramaian pun masih terjadi hingga sekarang, kata dia di Yogyakarta.

Menurut Yunianto, peningkatan jumlah pengunjung ke Beringharjo tersebut sudah terjadi menjelang Lebaran dan terus mengalami kenaikan saat libur Lebaran.

Peningkatan jumlah pengunjung juga tidak terlepas dari kebijakan untuk kembali membuka pasar hingga malam hari, khususnya Beringharjo sisi barat yang menjual berbagai souvenir dan oleh-oleh untuk wisatawan.

Sejak kebijakan ini diterapkan, mulai 4 Mei, jumlah pengunjung mengalami kenaikan cukup banyak. Pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh di Beringharjo hingga pukul 21.00 WIB, kata Yunianto.

Rata-rata jumlah kunjungan dalam sehari bisa mencapai 30.000 hingga 45.000 orang, Peningkatan jumlah pengunjung di Pasar Beringharjo, lanjut dia, juga meningkatkan omzet pedagang dan perputaran uang di pasar tersebut.

Belum ada hitungan pasti, tetapi dari kalkulasi kasar perputaran uang bisa sampai Rp5 miliar per hari, katanya.

Topik Menarik