Perdana, Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti Berhasil Diabadikan, Begini Penampakannya

Perdana, Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti Berhasil Diabadikan, Begini Penampakannya

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 15:19
share

JAKARTA - Tim astronom resmi merilis foto pertama lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti ke publik, ini dilakukan pada Kamis kemarin.

Foto itu, diproduksi oleh sebuah tim penelitian global yang dinamai Event Horizon Telescope (EHT), menggunakan observasi dari jaringan teleskop radio di seluruh dunia.

Gambar tersebut, merupakan bukti visual langsung pertama yang mengonfirmasi keberadaan lubang hitam, yang dikenal sebagai Sagittarius A*, di pusat galaksi Bima Sakti, ujar National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat (AS) dalam sebuah rilis.

Lubang hitam yang dipotret, berjarak sekitar 27.000 tahun cahaya dari Bumi, dan berukuran empat juta kali lebih besar dari Matahari, menurut tim astronom.

Upaya untuk mengungkap gambar pertama lubang hitam itu dilakukan lewat kecerdikan 300 lebih peneliti dari 80 institut di seluruh dunia yang bersama-sama membentuk EHT Collaboration, kata NSF.

"Meski kami tidak dapat mengamati lubang hitam itu sendiri, karena benar-benar gelap, gas bercahaya di sekitar lubang hitam itu mengungkap sebuah tanda khusus: area tengah yang gelap, yang disebut \'bayangan\', (dan) dikelilingi oleh struktur seperti cincin yang terang," imbuh NSF.

Tampilan baru itu menangkap cahaya yang dibelokkan oleh gravitasi yang kuat pada lubang hitam tersebut.

Topik Menarik