Menhub Siagakan Kapal untuk Titik Krusial Arus Balik Lebaran

Menhub Siagakan Kapal untuk Titik Krusial Arus Balik Lebaran

Ekonomi | okezone | Sabtu, 7 Mei 2022 - 20:03
share

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Dirinya mengecek penanganan arus balik mudik Lebaran dan memeriksa sejumlah kapal yang berangkat dari pelabuhan.

Menhub pun menyiapkan dan menambah jumlah angkutan kapal untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2022 dari berbagai daerah antar pulau khususnya Jawa-Sumatra.

Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Pelabuhan Tanjung Mas, melepas masyarakat pada arus balik. Mereka ini akan kembali ke asalnya. Ada yang ke Pontianak sekitar 700 orang dan mereka bawa motor, mobil dan logistik, kata Budi Karya, di Semarang, Sabtu (7/5/2022).

Berdasarkan survey Balitbanghub, pada tahun ini sekitar 1,4 juta orang akan mudik menggunakan kapal laut.

Kemenhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang yang signifikan, dengan melakukan re-routing kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat, tambahnya.

Menhub mengatakan, di masa mudik ini banyak sekali volume pergerakan yang terjadi. Untuk itu, dirinya menginstruksikan kapal vavigasi dan KPLP untuk siaga di titik-titik perairan yang krusial.

Kapal-kapal negara, japal navigasi dan kapal KSOP bersiaga di semua tempat titik. Apakah di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda, Belawan. Semua teman-teman di navigasi dan KSOP siap memback up apabila terjadi sesuatu, katanya.

Topik Menarik