Bangun 7 Sentra Kuliner, KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Bangun 7 Sentra Kuliner, KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Ekonomi | okezone | Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:04
share

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan membangun 7 sentra kuliner ikan di Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional dan membantu masyarakat dalam pemasaran produk dan kuliner ikan .

Adapun pembangunan sarana dan prasarana pemasaran ikan termasuk sentra kuliner ikan, merupakan salah satu program KKP yang diamanatkan melalui Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Salah satu sentra kuliner ikan yang sudah jadi di Bondowoso. Sentra kuliner ikan Kabupaten Bondowoso dibangun di atas lahan seluas 1.829 m2, terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan mencapai 858 m2. Sentra kuliner ikan ini telah diresmikan KKP pada Rabu, 9 Maret 2022.

"Kami berharap sentra kuliner ini dipelihara, dirawat dan dimanfaatkan secara optimal agar memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti, Jumat (11/3/2022).

Artati mengatakan, pada 2021, KKP telah membangun 7 Sentra Kuliner Ikan. Tujuan pembangunan Sentra Kuliner Ikan adalah meningkatkan minat untuk mengonsumsi ikan sekaligus membantu UMKM dalam pemasaran produk dan kuliner ikan, serta menjadi sentra edukasi, promosi dan rekreasi.

Kabupaten Bondowoso sengaja dipilih lantaran tingkat konsumsi ikan masyarakat di wilayah ini baru mencapai 20,87 kg/kapita setara ikan utuh segar di tahun 2020. Angka ini masih di bawah rata-rata konsumsi Provinsi Jawa Timur yaitu 41,44 kg/kapita setara ikan utuh segar.

Topik Menarik