Ibu-Ibu Senang Bisa Beli Minyak Goreng dengan Harga Rp14.000

Ibu-Ibu Senang Bisa Beli Minyak Goreng dengan Harga Rp14.000

Ekonomi | inewsid | Rabu, 19 Januari 2022 - 18:09
share

JAKARTA, iNews.id - Ibu rumah tangga mengaku senang karena harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium telah dibanderol Rp14.000 per liter. Pasalnya, jelang Natal hingga Tahun Baru 2022, harga minyak goreng meroket hingga Rp20.000 per liter.

Salah satu pembelu minyak goreng, Rika (40) mengaku senang dengan kebijakan pemerintah yang memberikan harga minyak goreng terjangkau. Dia berujar, turunnya harga minyak goreng ini sudah dinanti-nanti.

"Senang sekali sekarang minyak goreng sudah Rp14.000 per liter. Karena kan saya juga jualan, jadi dengan harga minyak goreng sudah segini jadi nggak berat," ujar Rika saat ditemui MNC Portal Indonesia di ritel modern Superindo, Jakarta Selatan, Rabu (19/1/2022).

Rika menambahkan, info terkait minyak goreng baru diketahui saat dirinya sampai ke toko ritel. Dia berharap, harga minyak goreng yang terjangkau ini bisa bertahan atau tidak mengalami kenaikan lagi.

"Semoga harganya bisa bertahan," tandasnya.

Senada dengan Rika, pembeli lainnya, Ayu (33) juga senang dengan harga minyak goreng yang sudah tidak lagi bikin kantong jebol. Dia mengaku keberatan saat minyak goreng masih dibanderol dikisaran Rp20.000-Rp21.000 per liter.

Namun, saat ini hal tersebut sudah tidak ia rasakan lagi, karena hari ini harapan dia soal harga minyak goreng turun sudah terjawab.

"Akhinya turun. Baru tahu pas dateng ke sini. Lihat harga minyak sudah nggak mahal lagi," ucap Ayu saat ditemui di lokasi yang sama.

Menurutnya, harga minyak goreng yang ditetapkan pemerintah Rp14.000 per liter sudah terjangkau di dompet ibu rumah tangga dibandingkan harga sebelumnya.

"Ini sudah terjangkau sih harganya. Kalau bisa ke depan stabil ya. Karena kami juga masih di susah, soalnya kan bukan minyak aja yang mahal. Kaya cabai, telur juga sempet mahal. Kebutuhan rumah juga banyak" tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan, minyak goreng kemasan dengan harga khusus yakni Rp14.000 per liter dimulai pada Rabu (19/1/2022) dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng sebesar Rp14.000 per liter akan di mulai pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 00.01 WIB di seluruh Indonesia," ujar Mendag dalam konferensi pers, Selasa (18/1/2022) malam.

Melalui kebijakan ini, lanjutnya, baik itu minyak goreng kemasan premium maupun kemasan sederhana akan dijual dengan harga setara Rp14.000 per liter. Artinya, semua jenis kemasan baik kualitas premium maupun sederhana dengan ukuran mulai dari 1 liter sampai dengan 25 liter diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan usaha kecil.

Topik Menarik