Minyak Goreng Rp14.000 Mulai Diluncurkan, Mendag Lutfi: Jangan Panic Buying

Minyak Goreng Rp14.000 Mulai Diluncurkan, Mendag Lutfi: Jangan Panic Buying

Ekonomi | inewsid | Rabu, 19 Januari 2022 - 07:40
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan minyak goreng satu harga Rp14.000 mulai diluncurkan di pasar dan ritel modern, pada Rabu (19/1/2021).

Terkait dengan itu, masyarakat diminta untuk tidak panic buying atau membeli minyak goreng dalam jumlah berlebih dengan alasan kehabisan stok.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan," ujar Mendag Lutfi, dalam konferensi pers, Selasa (18/1/2022) malam.

Menurut dia, pemerintah sudah menjamin bahwa pasokan dan stok minyak goreng Rp14.000 per liter dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat. Karena tiap bulan akan ada 250 juta liter minyak goreng yang digelontorkan Pemerintah.

"Minyak goreng subsidi ini akan disiapkan Pemerintah sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu enam bulan. Pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, minimal satu bulan sekali, terkait dengan implementasi kebijakan ini," kata Mendag Lutfi.

Dia menjelaskan, minyak goreng kemasan seharga Rp14.000 per liter merupakan hasil kerja sama pemerintah dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang menggelontorkan dana pungutan hingga Rp7,6 triliun.

Dana itu dipergunakan untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasaran dan membiayai minyak goreng kemasan sebanyak 250 juta liter per bulan atau sekitar 1,5 miliar liter selama enam bulan ke depan.

Pada kesempatan itu, Mendag Lutfi mengungkapkan apresiasinya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam mensukseskan program Pemerintah ini.

"Saya mengapresiasi 34 produsen minyak goreng yang menyampaikan komitmennya untuk berpartisipasi dalam penyediaan minyak goreng kemasan satu harga bagi seluruh rakyat," tutur Mendag Lutfi.

Topik Menarik