83 Mahasiswa Peroleh Beasiswa dari UPZ Baznas Unpad

83 Mahasiswa Peroleh Beasiswa dari UPZ Baznas Unpad

Terkini | cimahi.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 12:30
share

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Sebanyak 83 mahasiswa Universitas Padjadjaran menerima beasiswa Smart Scholarship 2024 dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Unpad. Penyerahan beasiswa tersebut secara simbolis berlangsung di Taman Bale Rumawat Unpad, Jalan Dipati Ukur No.35, Bandung, Selasa (16/4/2024). 

 

Kepala UPZ Baznas Unpad Dr. Hazbini, M.Ag., mengatakan, beasiswa ini didapatkan dari dana zakat warga Unpad yang terkumpul di UPZ Baznas Unpad. Hazbini menyampaikan bahwa beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Unpad, khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu. 

 

Hazbini mengatakan, bentuk program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Unpad ini berupa bantuan untuk biaya hidup dan uang saku, serta bantuan biaya UKT selama satu semester. 

 

Mahasiswa yang menjadi prioritas sebagai penerima program beasiswa ini adalah mereka yang direkomendasikan oleh program studi, fakultas, atau universitas dan berasal dari keluarga tidak mampu. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa dengan melengkapi berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan. 

 

“Bisa dengan menyertakan lembar-lembar persyaratan,” ujar Hazbini, dari kanal resmi Unpad.

 

Proses seleksi calon penerima beasiswa Smart Scholarship 2024 ini melewati beberapa tahapan, seperti tahap seleksi administrasi, wawancara, hingga FGD dan pengumuman mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa. 

 

Hazbini juga menyampaikan beberapa persyaratan utama yang perlu diperhatikan pendaftar program beasiswa ini, antara lain adalah merupakan mahasiswa aktif, beragama islam, IPK minimal 3.00, berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan SKTM, serta berkomitmen untuk menjadi relawan UPZ. 

 

Program beasiswa ini juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah muzaki yang ada di lingkungan Unpad. Hazbini juga berharap beasiswa ini dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang kurang mampu agar tetap dapat melanjutkan pendidikannya. 

 

“Harapannya beasiswa ini menjadi salah satu support system mahasiswa dalam berkuliah, terutama bagi yang kurang mampu dan menjadi stimulus dalam peningkatan muzaki, sehingga banyak sivitas yang berzakat di UPZ Unpad ini,” ujar Hazbini. 

Topik Menarik