Usung Incumbent Herdiat Sunarya di Pilkada 2024, DPD Golkar Ciamis Tidak Gelar Penjaringan Bacabup

Usung Incumbent Herdiat Sunarya di Pilkada 2024, DPD Golkar Ciamis Tidak Gelar Penjaringan Bacabup

Terkini | ciamisraya.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 19:30
share

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Berbeda dengan parpol lainnya, menjelang Pilkada 2024  DPD Partai Golkar Ciamis tidak menggelar penjaringan bakal calon bupati (Bacabup) maupun bakal calon wakil bupati.

Golkar resmi mengusung Dr H Herdiat Sunarya MM untuk maju di Pilkada Serentak 2024 dengan hari H November 2024 nanti.

“Sejak awal Golkar sudah sepakat, baik DPD maupun DPP untuk mengusung Pak Herdiat untuk maju di Pilkada Serentak 2024 nanti. Beliau sudah  mendapat surat tugas dari DPP (Golkar),” ujar Ketua DPD Partai Golkar Ciamis H Trian Slamet Triana ST kepada iNewsCiamisRaya.id dan  wartawan lainnya usai  pelantikan pejabat eselon di halaman Pendopo Gedung Negara Ciamis, Jumat (19/4/2024) siang.

Dengan resmi mengusung calon bupati incumbent tersebut menurut Trian, DPD Partai Golkar Ciamis tidak menggelar penjaringan bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati.

Sementara untuk pasangannya DPD Partai Golkar Ciamis menyerahkan sepenuhnya kepada calon incumbent H Herdiat Sunarya dan partai koalisi.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa DPD Golkar Ciamis tidak menggelar penjaringan calon dan resmi mengusung Dr H Herdiat Sunarya MM sebagai calon Bupati Ciamis 2024, menurut Trian karena Golkar berkeyakinan bahwa Bupati Ciamis periode 2019-2024 tersebut adalah kader Golkar.

“Sebagai birokrasi, masa lalunya dulu beliau merupakan kader Golkar,” jelasnya.

Dan dari sejumlah nama yang disebut-sebut dalam bursa bakal calon Bupati Ciamis periode 2024-2029 menurut Trian, hanya Dr Herdiat Sunarya lah yang merupakan tokoh netral dan bukan pengurus parpol.

 

Selain itu sebagai pertimbangan lainnya, selama 5 tahun menjabat sebagai Bupati Ciamis (yang akan berakhir tanggal 20 April 2024),  Dr Herdiat telah mengukir prestasi yang luar biasa.

“Dan yang paling penting, popularitas dan elektabilitas beliau dibanding bakal calon yang sudah disebut-sebut saat ini,” imbuh Trian.

Untuk melacak tingkat popularitas dan elektabilitas Dr Herdiat Sunarya tersebut menurut Trian, Partai Golkar sejak tanggal 15 April lalu sudah melakukan survei internal sampai Mei nanti. Dan berlanjut survei kedua pada bulan Juni.

“Rencana pada bulan Juli dilanjutkan dengan survei simulasi pasangan. Sejumlah nama yang muncul dipasangkan dengan calon incumbent, Pak Herdiat,” ujarnya.

Meski untuk posisi bakal calon wakil bupati diserahkan sepenuhnya kepada calon incumbent Dr Herdiat Sunarya dan partai koalisi, namun hasil survei simulasi pasangan menurut Trian akan menjadi pertimbangan.

“Nama pasangan dengan hasil survei nilai popularitas dan elektabilitas tertinggi akan menjadi pertimbangan,” ungkap Trian.

Topik Menarik