Kapal perusak HMS Defender Inggris Intai 3 Kapal Perang Rusia, Begini Penyebabnya

Kapal perusak HMS Defender Inggris Intai 3 Kapal Perang Rusia, Begini Penyebabnya

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:42
share

LONDON, iNewsBalikpapan.id - Tiga kapal perang Rusia melintasi perairan di dekat Inggris, Jumat (9/6/2023). Militer London pun bergegas mengerahkan kapal perusak dan jet tempur untuk memantau trio kapal Moskow tersebut.

Tiga kapal perang Moskow tersebut adalah fregat berpeluru kendali Admiral Grigorovich dan dua korvet kelas Stereguschiy II; Soobrazitelny dan Stoikiy.

Kapal perusak HMS Defender yang berbasis di Portsmouth ditugaskan untuk mengintai ketiga kapal perang Moskow selama mereka berada di dekat wilayah Inggris. HMS Defender dibantu helikopter Wildcat dari Skuadron Udara 815 Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Jet tempur Typhoon dan pesawat P-8A Poseidon dari pangkalan RAF Lossiemouth juga bekerja sama dengan HMS Defender untuk misi serupa.

HMS Defender adalah pengawal reaksi cepat armada, yang berarti kami siap untuk menanggapi setiap ancaman terhadap keselamatan atau keamanan negara, kata Komandan HMS Defender Peter Evans dalam keterangan pers.

Mengawal kapal melintasi perairan Inggris adalah kegiatan rutin Angkatan Laut Kerajaan dan menunjukkan komitmen kami terhadap jalur laut vital yang menjadi sandaran Inggris, ujarnya.

Defender dan krunya telah terlibat dalam operasi selama tiga tahun terakhir, mencakup empat samudra utama dan sebagian besar lautan duniajadi kami berhasil dalam misi seperti ini.

Kapal perang HMS Portland, HMS Montrose, HMS Severn, HMS Mersey, HMS Northumberland, dan HMS Kent semuanya terlibat dalam operasi serupa untuk memantau kapal-kapal Rusia pada bulan lalu, termasuk dua kapal perusak kelas Udaloy, Admiral Levchenko dan Vice-Admiral Kulakov.

Kapal perang Inggris secara teratur dikerahkan dalam misi semacam itu, melindungi perairan yang dekat dengan Inggris.

Topik Menarik