Cara Memulai Diet Harvard, Bisa Cegah Penyakit Kanker

Cara Memulai Diet Harvard, Bisa Cegah Penyakit Kanker

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:44
share

Sukoharjonews.com Untuk menjalani hidup sehat, diet menjadi salah satu gaya hidup yang dijalani. Berbagai jenis diet yang sangat populer di dunia serta banyak yang sudah melakukannya, ada yang berhasil, ada pula yang gagal. Salah satu diet yang saat ini tengah populer adalah diet harvard.


Dilansir dari The Healthy, Sabtu (10/6/2023) Pakar nutrisi dan para peneliti di Harvard menemukan metode diet Harvard, yaitu sebuah metode dengan istilah Harvards Healthy Eating Plate atau Piring Makan Sehat Harvard, yang menganjurkan banyak makan sayuran, biji-bijian, tidak minum minuman manis, dan memakan sedikit protein. Untuk karbohidrat dalam metode ini tidak begitu penting dibanding sayur dan buah. Harvards Healthy Eating Plate menganjurkan untuk menggunakan minyak sehat.

1. Harus banyak makan sayur dan buah, setidaknya setengah porsi dari satu piring
Menurut metode diet ini, Beauties harus banyak makan sayur-sayuran yang bervariasi warna dan juga buah-buahan. Namun dalam hal ini, peneliti menyarankan bahwa konsumsi sayuran harus lebih banyak dari buah. Perlu diingat, kentang tidak termasuk sayuran menurut sudut pandang nutrisi, tapi termasuk karbohidrat. Hindari memakan kentang karena bisa meningkatkan gula darah.


2. Seperempat piring adalah biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh lebih baik dibandingkan dengan biji-bijian olahan karena memiliki lebih banyak vitamin dan tidak akan meningkatkan gula darah, serta membuat lebih sehat. Contoh biji-bijian utuh yang bisa dikonsumsi adalah gandum, biji gandum, beras merah, dan gandum utuh (termasuk roti gandum dan pasta).

3. Protein sehat pada seperempat piring
Protein sehat sangat penting pada isi piring sehat harvard. Beauties bisa mengkonsumsi protein seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, dan bebek. Protein ini bisa dicampur menjadi salad dengan sayuran di dalam piringmu, Beauties. Sangat tidak disarankan untuk makan daging merah dan daging olahan seperti sosis dan bacon.


4. Secukupnya masak dengan minyak sehat
Gunakanlah minyak nabati yang sehat, seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai. Hindari penggunaan minyak terhidrogenasi parsial seperti margarin.

5. Lebih baik minum air putih, teh, dan kopi
Minum air putih, teh, dan kopi yang sedikit atau tanpa gula sekalipun itu lebih baik dibanding minum susu. Minum susu atau produk susu lainnya harus dibatasi maksimal dua gelas per hari dan juga jus hanya satu gelas kecil sehari.


6. Banyak bergerak aktif
Rutinitas bergerak aktif harus mengimbangi pola makan yang sehat. Jadikan olahraga ringan sebagai kebiasaan dan rutinitas yang dibangun untuk mengendalikan berat badan. Olahraga ringan seperti jalan cepat bisa dilakukan setidaknya setengah jam sehari atau lima kali dalam seminggu.(patrisia argi)


Topik Menarik