Zelenskyy: Penghancuran Bendungan Pengaruhi Akses Air Minum

Zelenskyy: Penghancuran Bendungan Pengaruhi Akses Air Minum

Nasional | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 22:34
share

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu (7/6) mengatakan ratusan ribu orang tidak memiliki akses normal ke air minum sehari setelah jebolnya bendungan Kakhovka di Ukraina Selatan.

Zelenskyy mencuit penghancuran bendungan itu benar-benar disengaja sementara ia menyalahkan pasukan Rusia dan lebih lanjut menuduh Rusia tidak bertindak untuk membantu mereka yang tinggal di daerah-daerah yang dikuasai Rusia yang kini menghadapi dampak banjir.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan lebih dari 17 ribu orang dievakuasi dari daerah-daerah di sepanjang Sungai Dnipro dengan sekitar 40 kota dan desa kebanjiran di daerah-daerah yang dikuasai Ukraina.

Lebih dari 900 orang dievakuasi dari daerah-daerah yang diduduki Rusia.

Struktur bendungan kemungkinan besar memburuk lebih jauh dalam beberapa hari mendatang, menyebabkan banjir tambahan, kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam laporan hariannya, Rabu.

Kedua pihak yang berperang saling menyalahkan pihak lain atas penghancuran bendungan yang terletak sekitar 70 kilometer di sebelah timur Kherson, di bagian Ukraina yang dikuasai Rusia selama lebih dari setahun ini.

Topik Menarik