Pedagang Pasar Klampok Akan Ditampung di Sebrang Pasar Lama

Pedagang Pasar Klampok Akan Ditampung di Sebrang Pasar Lama

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 19:54
share

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id -Usai musibah kebakaran yang menghanguskan 924 petak pasar tradisional Desa Purwareja Klampok Banjarnegara, sejumlah pedagang pasar segera menjalani relokasi.

Rencananya, relokasi pasar darurat pada pedagang pasar korban kebakaran ini akan menempati lokasi jalan kabupaten yang berada di seberang pasar lama atau dekat dengan Koramil Purwareja Klampok.
Pemilihan relokasi yang berdekatan dengan pasar lama ini dilakukan agar para pedagang tidak terlalu jauh dari pasar lama, sehingga dari sisi psikologi sangat mendukung dan memudahkan para pedagang dengan langganannya.

Rencananya kita akan segera melakukan relokasi, dan lokasinya ada di jalan milik kabupaten atau di Jalan Pramuka dekat Koramil Purwareja Klampok. Lebih tepatnya di seberang jalan pasar yang terbakar, kata Kepala Dinas Indagkop dan UMKM Banjarnegara Adi Cahyono.

Menurutnya, pembangunan pasar darurat tersebut nantinya akan berpedoman pada jumlah pedagang yang pelaksanaan relokasinya dilakukan secara maraton. Kita sudah melakukan rapat, termasuk meminta masukan dari para pedagang, dan mereka mengharapkan relokasi pasar tak jauh dari tempat asal, ujarnya.

Dengan begitu, maka sudah disepakati lokasi relokasi pasar darurat berada di Jalan Pramuka atau sebrang jalan pasar yang terbakar. Hal ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan, termasuk melihat psikologi para pedagang dan pembeli. Artinya, tempat relokasi tidak jauh dari pasar lama yang terbakar.

Setelah proses relokasi, kita berharap pembangunan kembali pasar yang terbakar segera dilakukan, sehingga pedagang dapat kembali berjualan di pasar tersebut, ujarnya.

Menurutnya, untuk masa darurat relokasi pasar yang terbakar, dia menyebutkan pemerintah memiliki waktu 60 hari, artinya dalam waktu tersebut proses pembangunan pasar darurat sudah dimulai.

Seperti diketahui, musibah kebakaran pasar Purwareja Klampok Banjarnegara ini terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, sekitar 15 mobil pemadam kebakaran dari Banjarnegara, Kebumen, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap dikerahkan untuk memadamkan api, dan api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan sekitar pukul 23.15 WIB.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun akibat kejadian ini, 924 petak lapak pedagang di pasar tersebut ludes terbakar, dan ada sekitar 722 pedagang kehilangan lapak dagangannya setelah dilalap si jago merah.

Selain itu, dia jga berharap pembangunan pasar yang terbakar dapat segera dilakukan, rencananya pembangunan pasar tersebut dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, sehingga para pedagang ini tidak terlalu lama berada di pasar darurat.

Topik Menarik